Atari Punk Console Tiger 0.1

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search

Atari Punk Console

PCB artwork yang digunakan dalam workshop Atari Punk Console - Tiger 0.1

Atari Punk Console (biasa disingkat APC) adalah sirkuit populer yang menggunakan dua Integrated Circuit (IC) 555 timer atau sebuah IC 556 dual timer. Sirkuit aslinya disebut "Stepped Tone Generator", diterbitkan dalam buklet Radio Shack: "Engineer's Notebook: Integrated Circuit Applications" tahun 1980 dan kemudian di "Engineer Mini-Notebook - 555 Circuits" oleh desainernya, Forrest M. Mims III (Siliconcepts, 1984). "Atari Punk Console" (APC) merupakan nama yang diberikan oleh personil Kaustic Machines karena suara "low-fi" yang dihaasilkan menyerupai game-game klasik dari konsol Atari di 1980-an, dengan output gelombang square yang mirip dengan Atari 2600.

Secara teknis, APC adalah sebuah osilator gelombang square labil yang mengkontrol osilator monostable untuk menciptakan gelombang (square) tunggal. Terdapat dua kontrol, satu untuk frekuensi osilator dan satu untuk mengendalikan panjang gelombang. Kontrol biasanya berupa potensiometer, tapi sirkuit juga dapat dikendalikan oleh cahaya, suhu, tekanan dengan mengganti potensiometer dengan sensor yang sesuai (misalnya, foto resistor untuk sensitivitas cahaya).

APC merupakan sirkuit DIY noisemaker yang relatif murah dan mudah untuk membangun, mudah beradaptasi dan dapat dikonfigurasi dengan berbagai cara. Fleksibilitas telah membuat APC sangat populer di kalangan penggemar elektronik. Pembuatan APC ini sangat disarankan sebagai sirkuit yang baik untuk pemula. APC - Tiger 0.1 yang akan diberikan oleh lifepatch menggunakan Light Dependent Resistor (LDR), resistor yang merubah tegangan listrik berdasarkan intensitas cahaya yang diterima. LDR kan digunakan untuk memperkaya interaksi bagi pengguna ketika menggunakan APC - Tiger 0.1.


DIY Atari Punk Console Tiger 0.1

Skematik Atari Punk Console Tiger 0.1

Bagi siapapun yang ingin merakit instrumen Atari Punk Console Tiger 0.1 tanpa mengikuti workshop ini dapat dilakukan dengan cara mengunduh file PCB artwork Atari Punk Console Tiger 0.1 dan mencetak PCB artwork tersebut. Setelah itu, ikuti petunjuk yang telah disediakan di gambar Skematik Atari Punk Console Tiger 0.1. Adapun komponen yang diperlukan dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko elektronik terdekat. Daftar komponen yang dibutuhkan antara lain adalah:

  • IC = IC 556 Dual timer
  • Out = Mini Jack Socket (Mono)
  • VR 1 = Variabel Resistor (Potensiometer) 500K
  • VR 2 = Variabel Resistor (Potensiometer) 500K
  • LDR = Light Dependent Resistore (LDR)
  • C1 = Capacitor Ceramic 0.01uF
  • C2 = Capacitor Ceramic 0.1uF
  • C3 = Capacitor Electrolyte 10uF
  • Battery = Battery socket kotak 9V + Baterai socket 9V

Optional:

  • IC socket
  • Switch

blog comments powered by Disqus