Atari Punk Console Tiger 0.1 Workshop

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Poster Publikasi Atari Punk Console Tiger 0.1 Workshop

Sebuah workshop untuk merakit sebuah instrumen musik elektronik kecil yang diadakan oleh lifepatch.

Intro

Terdapat banyak sekali instrumen musik elektronik di pasaran saat ini. Instrumen musik elektronik ditawarkan dengan beragam harga dan fungsi yang memberikan banyak pilihan bagi penggemar musik untuk bereksplorasi untuk mendapatkan suara yang diinginkan. Selain menggunakan instrumen musik elektronik di pasaran, banyak juga penggiat musik yang bereksplorasi dengan memodifikasi instrumen musik yang sudah ada (circuit bending) maupun merakit sendiri instrumen musik elektronik yang diinginkan. Hal ini menawarkan para bidang eksplorasi bagi penggiat musik yang menginginkan kustomisasi bagi instrumen musik yang mereka gunakan.

Deskripsi Acara

Pada kesempatan ini, lifepatch mengadakan sebuah sesi workshop pembuatan instrumen musik elektronik DIY di lifepatchHQ, markas besar lifepatch di Bugisan Yogyakarta. Dalam sesi workshop ini, para peserta akan mempelajari dasar-dasar elektronika dan akan dibimbing untuk merakit instrumen musik elektronik mereka sendiri. Instrumen elektronik yang akan dirakit merupakan instrumen elektronik DIY bernama Atari Punk Console. Instrumen tersebut kemudian dimodifikasi oleh lifepatch untuk workshop ini. Instrumen DIY yang akan digunakan diberi nama Atari Punk Console - Tiger 0.1.

Detail Workshop

Sesi workshop ini diadakan pada:

  • Hari/Tanggal: Jumat, 20 Juli 2012
  • Waktu: 13.00 WIB
  • Tempat: lifepatchHQ
  • Alamat: Jl. Bugisan Selatan, Gumuk Indah RT 13 RW 36, Yogyakarta (Belakang SMKI)
  • Kontak Person: Andreas Siagian (Ucok | 0817 547 1005), Budi Prakosa (Iyok | 0811 268 996)
  • Ketentuan: Workshop terbuka untuk 10 orang melalui pendaftaran. Pendaftaran dapat dilakukan melalui sms langsung ke Kontak Person acara ini atau pesan langsung melalui Facebook page lifepatch, atau direct message melalui twitter lifepatch. Peserta workshop yang ingin merakit instrumennya dikenakan biaya Rp. 20.000,- untuk biaya komponen elektronik yang akan digunakan. Bagi peserta yang hanya ingin melihat dan belajar, dipersilahkan hadir tanpa dikenakan biaya apapun.


Atari Punk Console

PCB artwork yang digunakan dalam workshop Atari Punk Console - Tiger 0.1

Atari Punk Console (biasa disingkat APC) adalah sirkuit populer yang menggunakan dua Integrated Circuit (IC) 555 timer atau sebuah IC 556 dual timer. Sirkuit aslinya disebut "Stepped Tone Generator", diterbitkan dalam buklet Radio Shack: "Engineer's Notebook: Integrated Circuit Applications" tahun 1980 dan kemudian di "Engineer Mini-Notebook - 555 Circuits" oleh desainernya, Forrest M. Mims III (Siliconcepts, 1984). "Atari Punk Console" (APC) merupakan nama yang diberikan oleh personil Kaustic Machines karena suara "low-fi" yang dihaasilkan menyerupai game-game klasik dari konsol Atari di 1980-an, dengan output gelombang square yang mirip dengan Atari 2600.

Secara teknis, APC adalah sebuah osilator gelombang square labil yang mengkontrol osilator monostable untuk menciptakan gelombang (square) tunggal. Terdapat dua kontrol, satu untuk frekuensi osilator dan satu untuk mengendalikan panjang gelombang. Kontrol biasanya berupa potensiometer, tapi sirkuit juga dapat dikendalikan oleh cahaya, suhu, tekanan dengan mengganti potensiometer dengan sensor yang sesuai (misalnya, foto resistor untuk sensitivitas cahaya).

APC merupakan sirkuit DIY noisemaker yang relatif murah dan mudah untuk membangun, mudah beradaptasi dan dapat dikonfigurasi dengan berbagai cara. Fleksibilitas telah membuat APC sangat populer di kalangan penggemar elektronik. Pembuatan APC ini sangat disarankan sebagai sirkuit yang baik untuk pemula. APC - Tiger 0.1 yang akan diberikan oleh lifepatch menggunakan Light Dependent Resistor (LDR), resistor yang merubah tegangan listrik berdasarkan intensitas cahaya yang diterima. LDR kan digunakan untuk memperkaya interaksi bagi pengguna ketika menggunakan APC - Tiger 0.1.


Skematik

Skematik, petunjuk dan daftar komponen bisa dilihat di page Atari Punk Console Tiger 0.1

Circuit Bending

Circuit bending adalah modifikasi kreatif sirkuit dalam perangkat elektronik seperti instrumen elektronik bertegangan rendah, efek gitar bertenaga baterai, mainan anak-anak dan synthesizer digital kecil untuk membuat alat musik atau visual baru dan generator suara.

Dengan menekankan pada spontanitas dan keacakan, teknik circuit bending biasanya dihubungkan dengan musik noise meskipun banyak musisi dan kelompok musisi kontemporer yang lebih konvensional diketahui telah bereksperimen dengan instrumen yang telah dimodifikasi dengan cara yang sama. Circuit bending biasanya melibatkan pembongkaran mesin dan penambahan komponen seperti switch dan potensiometer yang mengubah fungsional dari sirkuit tersebut.

Dokumentasi Acara

Berikut dokumentasi terpilih dari workshop Atari Punk Console Tiger 0.1. Dokumentasi photo oleh Sutanto Syambas Effendi

Referensi dan Link Eksternal

Â