Creative Time Summit and Hivos Braingrind Session, Stockholm, 14-17 November 2014

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search

Creative Time Summit merupakan acara tahunan bagi para seniman, aktivis, penulis, dan kurator untuk berkumpul dan berbagi dalam menangani isu-isu sosial dan politik. Secara berkesinambungan, Hivos mengadakan creative common ground berupa braingrind session yang berbasis pada pelaksanaan Creative Time Summit untuk mendiskusikan peranan penting seni dalam mengubah gagasan ruang publik. Dalam rangkaian kegiatan ini, Lifepatch mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dan diwakili oleh Wawies Wisnu Wisdantio

Deskripsi

Creative Time Summit

Poster Publikasi Acara

Saat ini, para penggiat seni selalu menyuarakan kebenaran dan kekuasaan, semakin masif beriringan dengan pergerakan sosial yang terjadi hampir disetiap negara. Melalui Creative Time Summit, acara tersebut dapat menjadi media bagi para seniman, figur agen perubahan dengan kemampuannya untuk mempengaruhi masyarakat untuk menjadi lebih baik. Setiap tahun, Creative Waktu Summit menjadi media mengeksplorasi berbagai cara yang dilakukan dalam menangani isu-isu sosial dan politik. Seniman, aktivis, penulis, dan kurator mengambil bagian dalam event ini untuk mempresentasikan berbagai strategi perubahan sosial kepada khalayak global. Semenjak diadakan pertama kali pada tahun 2009, event ini diadakan di Perpustakaan Umum New York dan menjadi platform besar pertama di mana para seniman, aktivis, penulis, dan kurator berbagi pengalaman dan menjalin hubungan yang bermakna dengan satu sama lain. Seiring perkembangan waktu, Creative Time Summit berkembang menjadi konferensi di mana presenter dan khalayak umum dari berbagai bidang dapat bertemu, berbagi, dan berkolaborasi pada berbagai strategi untuk melakukan perubahan. Bila sebelumnya selalu diadakan di New York, pada tahun 2014, Creative Time berkerjasama dengan Public Art Agency Sweden memindahkan pelaksanaannya di kota Stockholm, Sweden. Hal ini dimaksudkan untuk membawa Creative Summit menuju ke ranah yang lebih global dan diharapkan dapat meraih koneksi yang lebih luas.

Hivos Braingrind Session (Creative Common Ground)

Pemetaan, meneliti, merancang dan mendukung model intervensi kreatif di ruang publik Hivos dan para rekan kerjanya telah aktif bekerja untuk mempromosikan keterbukaan dan keterlibatan warga di seluruh dunia ketika ruang untuk berekspresi semakin di bawah tekanan. Di negara-negara di mana Hivos dan para mitranya bekerja, akses terhadap ruang publik menjadi sangat dibutuhkan dalam upaya untuk menuju masyarakat terbuka. Dari Mesir, Irak dan Kenya ke Guatemala, Zambia maupun Honduras, ruang publik berubah menjadi ruang tanpa identitas; tanah tak bertuan; ruang yang dikomersialkan; ruang konflik dan kekerasan daripada dialog; ruang ketakutan; ruang yang terbatas dan adanya penolakan kepada beberapa kelompok dalam masyarakat, termasuk perempuan atau komunitas LGBT. Mengikuti peran seniman dan organisasi-organisasi budaya sebagai pembuat perubahan, inovator dan aktivis. Hal ini menjadi sektor kreatif dimana dapat berdampak pada tempat-tempat di mana intervensi lain telah gagal. Hal ini membawa Hivos secara khusus mendukung para penggiat seni dalam mengembangkan strategi kreatif dan intervensi melalui perspektive yang berbeda tentang ruang publik dan menggunakannya. Khususnya adalah para penggiat seni maupun aktivis yang membentuk maupun menggunakan bagian dari ruang publik untuk bekerja secara interdisipliner dengan masyarakat, individu dan organisasi masyarakat sipil. Dalam hal ini, Hivos Braingrind Session merupakan media bagi berbagai komunitas, rekan Hivos, penyandang dana dan organisasi masyarakat sipil untuk sesi braingrind kembali / ke / kembali pada pelaksanaan Creative Time's Summit dan membahas secara terbuka bagaimana mewujudkan sinergi ini baru yang bisa dikembangkan lebih lanjut.

Biografi para partisipan dalam acara Creative Common Ground - Hivos Braingrind Session

Detail Acara

Acara ini akan diselenggarakan pada:

Creative Time Summit

  • Hari/Tanggal: 14-15 November 2014
  • Waktu: 10.00-23.00
  • Tempat: Kulturhuset (Culture House)

Hivos Braingrind Session

  • Hari/Tanggal: 16 November 2014
  • Waktu: 16.00-22.00
  • Hari/Tanggal: 17 November 2014
  • Waktu: 09.00-14.00

Dokumentasi

Dokumentasi aktivitas Creative Common Ground (Hivos Braingrind Session)

Referensi dan Pranala Luar