Dale Gorfinkel

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Dale Gorfinkel

Biografi

Dale Gorfinkel adalah seorang musisi dan seniman lintas disipilin dari Melbourne, Australia. Dirinya suka membuat patung bunyi dan instrumen bunyi seperti trompet yang dimodifikasi dan patung kinetik. Dia tertarik bekerja dengan bermacam komunitas kreatif terutama dibidang musik, tari dan seni. Dirinya pertama kali ke Yogyakarta pada tahun 2014 untuk Instrument Builders Project bersama seniman Australia dan Indonesia. Dia suka lotek (dan makanan Indonesia lain) jadi dia membuat sebuah patung bernama Lotek Exercise Machine (mesin berolahraga). Dia bisa bermain banyak instrumen seperti drumset, saxofon, dan harpa afrikan. Pada saat ini dia sedang bermain dengan grup pertunjukan bernama Sounds Like Movement, band bertopeng Prophets (www.prophetsband.com), dan sebuah komunitas musik pencari suaka dari segala penjuru dunia.

Aktifitas di Indonesia

Dale Gorfinkel beraktivitas pertama kali di Indonesia dalam iterasi kedua The Instrument Builders Project yang berlangsung di iCAN Yogyakarta pada 2014. Pada saat itu, dia menjadi salah satu dari empat seniman Australia yang berkolaborasi dengan empat seniman Indonesia. Dalam iterasi ketiga The Instrument Builders Project yang berlangsung di National Gallery of Victoria, Melbourne 2014, Dale berkolaborasi dengan Michael Candy dan Wukir Suryadi untuk menciptakan Bird Organ dan juga berkolaborasi dengan Andreas Siagian, salah satu anggota Lifepatch untuk menciptakan sebuah instrumen yang kemudian diberi nama Nadalaut: As Above So Bellow.

Pada tahun 2015, Dale melakukan sebuah residensi atas inisiatifnya sendiri di Indonesia bersama Lifepatch. Dalam kesempatan tersebut dia terlibat dalam proyek Pengolah Sinyal yang diinisiasi oleh Lintang Radittya yang juga merupakan salah satu peserta dalam The Instrument Builders Project iterasi pertama dan kedua. Bersama lifepatch, Dale Gorfinkel turut serta dalam program Open Lab bagian dari Orde Baru, OK. Video - Indonesia Media Arts Festival 2015 yang diselenggarakan oleh ruangrupa. Dale Gorfinkel juga memberikan sebuah workshop bersama seniman dan musisi Indonesia untuk menciptakan sebuah pertunjukan bunyi sebagai salah satu bentuk presentasi dirinya dalam berproses di Indonesia dalam kurun waktu April - Juli 2015. Dalam kesempatan ini, dia juga menampilkan beberapa instalasi untuk menunjukan perkembangan yang dia kerjakan selama di Indonesia. Acara workshop dan presentasi tersebut berjudul (What's Your Story Today) WYST 2: Out Hear yang diselenggarakan oleh Teater Garasi/Garasi Performance Institute dan bekerja sama dengan lifepatch.

Referensi dan Pranala Luar