DeadMediaFM

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search

DeadMediaFM adalah sebuah komunitas kreatif beraktifitas di bidang podcast dan online radio broadcast.

DeadMediaFM merupakan stasiun radio online dengan konsep "free form" yaitu konsep siaran bebas tanpa aturan sesuai dengan personality dan interest masing masing penyiar
Menjadi narasumber di seminar tentang podcast di London School of Public Relation
Sesi siaran bersama Adit dan Eka
Sesi wawancara bersama Cassandra Niki ketika DeadMediaFM mulai berbagi markas dengan HONF
Mengembangkan software online radio player
Search engine "leakr" dibuat awal 2008 kemudian berubah nama menjadi "fork" akhir 2009

Biografi

Berawal dari komunitas yang menaruh minat besar pada perkembangan dunia musik, DeadMediaFM berdiri pada bulan Januari 2007 sebagai salah satu situs web podcast pertama di Indonesia. Melalui media internet, DeadMediaFM mendokumentasikan gerakan musik indie lokal, nasional, dan internasional dengan menyajikan materi berupa lagu, wawancara, informasi, serta video live performance yang dapat didownload secara gratis oleh siapa saja

Konsep podcast yang dipakai maksudnya adalah bahwa bahan-bahan tersebut dalam format audio, image, dan video yang kemudian terangkum dalam bentuk episode (volume) dan dapat di-download secara gratis oleh seluruh pengakses internet. Sejak berdirinya hingga sekarang, DMFM tetap mengedepankan visi dan misi D.I.Y gerylia dalam arti berkreasi menciptakan sebuah arti dengan segala kemampuan yang ada.

DeadMediaFM adalah sebuah stasiun radio online yang dikelola secara independen oleh sebuah komunitas berbasis di Yogyakarta. Stasiun radio ini menyajikan musik lokal maupun internasional dan beroperasi melalui alamat situs www.deadmediafm.org [www.deadmediafm.org]. DeadMediaFM sendiri menyajikan program-program berupa podcast, videocast, dan live stream yang berhubungan dengan aktifitas musik lokal terutama di Yogyakarta. Hingga saat ini, DeadMediaFM merupakan salah satu online radio di Indonesia yang masih aktif di bidang musik alternatif.

DeadMediaFM.org adalah salah satu wadah media dari sekian banyak media independen. DMFM sendiri adalah sebuah media internet podcast yang mendokumentasikan berbagai aksi gerakan independen baik dalam lingkup lokal Yogyakarta, nasional, hingga internasional. Dokumentasi tersebut dapat berupa lagu, informasi, wawancara, sampai rekaman live performance dari band-band independen dan berbagai acara musik. Konsep podcast yang dipakai maksudnya adlah bahwa bahan-bahan tersebut dalam format audio, image, dan video yang kemudian terangkum dalam bentuk episode (volume) dan dapat di-download secara gratis oleh seluruh pengakses internet. Sejak berdirinya hingga sekarang, DMFM tetap mengedepankan visi dan misi D.I.Y gerylia dalam arti berkreasi menciptakan sebuah arti dengan segala kemampuan yang ada.

Melalui media internet, DeadMediaFM mendokumentasikan gerakan musik cutting-edge lokal, nasional, dan internasional dengan menyajikan materi lagu, wawancara, informasi, serta video live performance yang dapat diunduh secara gratis oleh siapa saja.

Sejarah

Sesi wawancara dengan The Milo

DeadMediaFM dimulai pada awal tahun 2007 oleh sekelompok mahasiswa dari universitas yang berbeda di Yogyakarta. Para pendirinya yaitu Eka Jayani Ayuningtyas (Eka), Muhammad Ridho (Edo), Ignatius Aditya (Adit) dan Budi Prakosa (Iyok) berkenalan melalui situs jejaring sosial dan mempunyai ketertarikan yang sama pada musik bersifat alternatif. Mereka kemudian bersama-sama mendirikan DeadMediaFM yang berfokus pada pemusik yang tergolong baru, ataupun mempunyai kualitas baik namun tidak terekspos oleh media mainstream.

Pada awalnya DeadMediaFM hanya menyediakan podcast yang berupa liputan aktifitas musik dan wawancara pelaku musik di Indonesia. Pada bulan Juni 2007, mereka mulai melakukan siaran langsung dari tempat mereka berkumpul maupun dari kamar mereka sendiri. Pada bulan November 2007, mereka menggelar acara Dead Cover Version bersama komunitas lokal dan musisi-musisi lokal di Indonesia. Acara tersebut merupakan acara launching DeadMediaFM.

Di bulan Januari 2008, DeadMediaFM meluncurkan situs LEAKR, yang merupakan search engine yang tujuan awalnya berguna untuk mencari file musik unduhan untuk materi siaran mereka. Fungsi LEAKR kemudian berkembang sehingga dapat digunakan untuk mencari file unduhan e-book, film, software dan video yang bersifat gratis baik itu baik itu bajakan maupun tidak. Seiring dengan berkembangnya jumlah pengguna LEAKR, Google memblokir situs ini pada Desember 2008. LEAKR kembali beroperasional pada Januari 2009, hingga diblokir oleh penyedia web-hosting pada Oktober 2010 dengan alasan pelanggaran Hak Cipta. Pada awal Tahun 2011, LEAKR berpindah hosting dan berganti nama menjadi FORK yang kemudian masih aktif hingga saat ini.

Podcast dan Streaming Radio

Sesi siaran "Fakin Malam Fakin asshol" bersama Hamam Firdaus
deadmediafm menggunakan perangkat lunak sumber terbuka liquidsoap untuk otomasi radio online sejak tahun 2008

File:Sesi workshop2.jpg File:Sesi workshop3.jpg

Software icecast.jpg
Software nginx.jpg

Podcast

Podcast adalah file 
media 
digital 
yang
 dapat 
diunduh
 dan
 didengarkan 
di
 komputer
 atau 
music
 player
(audio/video)
 Dapat 
dikatakan, 
podcast 
adalah 
pengembangan
 konsep 
radio
 yang 
beradaptasi 
dengan 
perkembangan 
jaman.
 Podcast 
dapat 
didengarkan
 di 
music
 player
 apapun
 (yang 
pada 
umumnya 
berukuran 
semakin
 kecil,
 bermuatan
 besar,
 mudah 
dibawa)
 atau
 komputer
 dengan
 software
 musik
 apapun, 
di
kota 
atau 
negara 
manapun
 (tidak 
bergantung
 transmisi 
sinyal). 
Dapat 
diunduh 
secara
 otomatis, 
dapat
 didengarkan 
sambil
 mengerjakan
 hal
 lain, 
sehingga 
tidak
 menyita
 tenaga 
serta 
waktu.

Streaming Radio

Sedangkan streaming adalah proses penghantaran suara atau video dari komputer ke internet secara langsung, sehingga khalayak dapat mendengarkan siaran radio dan menyaksikan video. Dengan kata lain, apa yang dihantarkan ke internet saat itu, maka itulah yang didengar atau disaksikan khalayak. Sementara itu, podcast adalah suatu bentuk file digital yang diupload ke internet, sehingga khalayak dapat menyaksikannya dengan mengunduh atau memutar file saja.Dalam kata lain streaming adalah 'siaran langsung' dan podcast adalah 'siaran tidak langsung'.

Streaming radio

Software

Deadmediafm stream.jpg

Liquidsoap

Nginx

iCecast

Ladiocast

Edcast

Events

Dead Cover Version (2007)

Pesona Nada Senja 1 (2008)

Pesona Nada Senja 2 (2009)

Workshop

Soundcase Podcast Workshop di London School of Public Relation 2009

Streaming Radio Workshop di FKY 2010

Cellsopen Streaming Radio Workshop di pembukaan Cellsbutton 4

24 Hour workshop people @ HONF: DIY Streaming Radio Workshop

Media Informasi