GISS

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search

GISS yang merupakan kependekan dari Global Independent Streaming Support adalah sebuah hosting yang menyediakan layanan server dan atau port server penyiaran tanpa biaya apapun. GISS dimulai dari sebuah ide untuk menyeimbangkan keadaan media sekarang yang faktanya sudah banyak dimonopoli oleh berbagai perusahaan bahkan perseorangan dan tak jarang dijadikan sebagai alat propaganda demi keuntungan suatu pihak. GISS dibangun oleh sekumpulan orang dengan latar belakang dan kebangsaan yang berbeda-beda (italia, prancis, spanyol, argentina, chili, mexico, colombia, brasil, norwegia, slovenia,dll) dengan tujuan utama memberi akses kepada penyiaran multimedia independen dalam menyiarkan siaran independen (penyiaran komersial tidak diperbolehkan), seperti yang sudah dilakukan sekitar 100 penyiaran independen yang sudah tergabung dalam GISS dan aktif dari berbagai negara.

GISS menyediakan berbagai layanan server gratis untuk melakukan penyiaran radio internet dan juga video streaming live tanpa memerlukan banyak peralatan (hanya membutuhkan koneksi internet, mic dan atau sebuah kamera video) untuk menyiarkan radio atau televisi independen di internet yang dapat di akses dari seluruh penjuru dunia.

IceCast Sebagai Streaming Software GISS.TV

Icecast merupakan server streaming yang dapat digunakan secara gratis. Proyek ini dibuat untuk membuktikan bahwa semua orang dapat membuat, memodifikasi, dan sekedar mencoba melakukan open source audio streaming dengan menggunakan internet. Dilihat dari spesifikasi teknik Icecast, server ini dapat menjadi media streaming untuk audio format seperti Vorbis melalui standar HTTP, video ber kompresi rendah seperti Theora yang juga me- lalui HTTP,dan Format Audio MP3 yang sudah melalui protokol SHOUTcast , AAC, dan NSV yang juga melalui protocol SHOUT- cast. Konten-konten tersebut adalah program dari tambahan dari luar yang dikenal dengan “source client”, yang akan menjadi asal muasal streaming,termasuk program dari Icecast itu sendiri yang dikenal dengan “IceS”,sebuah program source client juga. Sum- ber dari streaming tersebut biasanya bekerja di tempat audio itu dihasilkan (contoh: studio)dan server icecast berada di mana tersedianya bandwith yang berkapasitas besar(contoh: colocation). Sistem tersebut mempunyai fungsi yang mirip dengan program Nullsoft,yaitu SHOUTcast. Dikarenakan koneksi internet Indonesia seringkali mengalami ma- salah dalam mengirimkan data ke luar Indonesia, DeadMediaFM menggunakan server GISS untuk me-relay siaran dari Indonesia agar dapat dengan nyaman didengar dari luar Indonesia. Server GISS yang berada di Perancis menerima data dari server lokal DeadMediaFM, yang kemudian disalurkan ke komputer pendengar yang berada dari luar Indonesia.

Referensi dan Link Eksternal

blog comments powered by Disqus