GOSH 2017

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Gathering for Open Science Hardware 2017

Deskripsi Acara

Hardware adalah bagian penting dari proses penelitian, dan kemajuan dalam instrumentasi telah menjadi pusat revolusi ilmiah dengan memperluas pengamatan di luar kemampuan indra manusia. Meskipun para ilmuwan adalah "hacker" alami, saat ini akses untuk melakukan modifikasi instrumen lab yang sudah ada sangat terbatas karena desain yang tidak terbuka sehingga menghambat kreativitas dan kustomisasi. Open Science Hardware membahas bagian dari masalah ini dengan berbagi desain yang terbuka dan memperluas jangkauan pendekatan ini dalam penelitian akademik, ilmu pengetahuan dan pendidikan warga serta meningkatkan akses pada eksperimentasi, kemudahan kustomisasi dan menurunkan biaya.

Meskipun telah banyak praktisi di seluruh dunia yang mengembangkan dan menggunakan Open Science Hardware, namun belum ada komunitas yang koheren, mengorganisir diri serta bertujuan meningkatkan dan mendorong perubahan sosial dengan pemanfaatan Open Science Hardware. Karena itulah maka acara Gathering for Open Science Hardware (GOSH) diadakan.

Acara GOSH 2017 merupakan kelanjutan dari acara sebelumnya (GOSH 2016) yang diadakan di Swiss. Pada tahun 2016, acara GOSH diadakan untuk menghubungkan orang-orang dan atau organisasi yang mengembangkan open science hardware, menciptakan ide-ide yang koheren tentang apakah yang disebut dengan open science hardware, serta bermimpi tentang apa yang mungkin bisa dilakukan di masa depan. Salah satu hasil utama dari GOSH 2016 adalah GOSH Manifesto, pernyataan yang jelas tentang niat dan nilai-nilai yang telah disetujui bersama.

Tujuan dari GOSH 2017 adalah untuk menghidupkan semangat Manifesto yang dihasilkan pada GOSH 2016. Acara kali ini akan menunjukkan hasil nyata dari peserta individu, seperti berbagi pengalaman sebagai pengguna dan pengembang open science hardware, mengidentifikasi teori dan praktik terbaik, berkolaborasi untuk menciptakan peluang dan mengidentifikasi kesulitan, serta membangun hubungan yang berkesinambungan.

Visi dari GOSH 2017 adalah untuk merancang peta strategi dalam mempertemukan orang-orang, keterampilan dan peralatan yang diperlukan untuk menjadikan open science hardware sebagai sesuatu yang umum pada tahun 2025.

GOSH 2017 akan mempertemukan 94 partisipan dari berbagai bidang Open Science Hardware

Partisipasi Lifepatch dalam GOSH 2017

Dalam GOSH 2017, Lifepatch diwakili oleh Nur Akbar Arofatullah akan mempresentasikan aktifitasnya selama di Jepang terkait pengembangan sistem otomatis pada pengelolakan rumah kaca (greenhouse) untuk mengoptimalkan produksi tanaman pangan.

Detail Acara

Acara ini diselenggarakan pada:

  • Hari/Tanggal: 22-25 Maret 2017
  • Tempat: Anacleto Angelini Innovation Centre, Pontificia Universidad Católica de Chile

Jadwal Acara

  • Hari ke 1 – Meet and Share (public day)
  • Hari ke 2 – Collaborate!
  • Hari ke 3 – Produce + Plan
  • Hari ke 4 – Interact + explore
  • Hari ke 5 + 6 – Get to work (optional)

Referensi dan Pranala Luar

http://openhardware.science/logistics/