Jogja River Project 2014

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Kegiatan Lab HackteriaLab 2014 - Yogyakarta di Kedai Kebun. Jogja River Project merupakan bagian dari topik utama mengenai lingkungan dalam kegiatan ini.

Jogja River Project 2014 merupakan kelanjutan dari Jogja River Project dan bagian dari BIO-DESIGN for the REAL WORLD.

Penjelasan

Kegiatan yang berkaitan dengan Jogja River Project 2014 meliputi 4 aktivitas utama yaitu:

  • Penyelenggaraan HackteriaLab 2014 - Yogyakarta sebagai sebuah portal bagi pertemuan dan perkenalan warga maupun komunitas internasional dari berbagai disiplin untuk mengembangkan Jogja River Project dalam sebuah proyek kolaborasi.
  • Pengembangan infrastruktur laboratorium Bio-Elektronika di Rumah Lifepatch.
  • Kegiatan workshop untuk pengembangan warga yang berlokasi di daerah sungai.
  • Kegiatan penelitian untuk mendokumentasikan dan mengambil contoh sampel air di Sungai Code.
  • Analisa akurat sesuai dengan standar prosedur penelitian sains atas pencemaran E.coli di Sungai Code
  • Pengembangan sistem informasi mengenai pemetaan titik distribusi pencemaran serta dokumentasi visual Sungai Code
  • Eksplorasi kolaboratif di bidang piranti lunak dan piranti keras yang dapat berguna bagi penelitian JRP

Jogja River Project di HackteriaLab 2014 - Yogyakarta

Jogja River Project merupakan salah satu fokus dalam lingkungan yang menjadi topik utama di HackteriaLab 2014 - Yogyakarta. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan peserta baik lokal dan internasional pada proyek JRP yang telah dilakukan oleh Lifepatch sejak 2011. Dengan mengetahui secara langsung kegiatan yang dilakukan, diharapkan muncul ide - ide baru yang dapat dikembangkan bersama dan berguna bagi pelaksanaan proyek ini. Pelaksanaan Jogja River Project di HackteriaLab 2014 dibagi dalam beberapa tahapan utama yaitu:

Survey Sungai Code di HackteriaLab 2014 - Yogyakarta

Tahapan awal dalam JRP sebagai bagian dari HackteriaLab 2014 - Yogyakarta dimulai dengan survey secara langsung ke sungai Code oleh para peserta. Survey dipimpin oleh Agus Tri Budiarto dengan mengajak para peserta turun langsung ke sungai Code di bagian tengah kota Yogyakarta. Para peserta menyusuri sungai Code dari daerah Kampung Juminahan hingga ke selatan Sungai Kewek. Para peserta diberi kebebasan untuk berinteraksi dengan warga setempat, mengambil sampel air atau material yang menjadi bagian dari ekosistem sungai Code. Survey ini berlangsung selama 3 jam di pagi hari pada tanggal 15 April 2014.

Kunjungan lapangan Peserta HackteriaLab2014 ke Kali Code Yogyakarta.JPG Peserta HackteriaLab2014 mengambil sampel ikan dan air.JPG

Krisna menjelaskan kegiatan permablitz di bantaran kali code yogyakarta.JPG Fajar Abadi sedang mengambil sampel ikan sapu-sapu.JPG

Kegiatan Penelitian dan Produksi di HackteriaLab 2014 - Yogyakarta

Setelah survey lapangan di tema lingkungan dalam HackteriaLab 2014 - Yogyakarta, para peserta melakukan kegiatan diskusi untuk kolaborasi dan membangun ide yang ingin diwujudkan sesuai dengan tema JRP. Kegiatan ini berlangsung secara organik pada sesi Lab di HackteriaLab 2014 - Yogyakarta yang berlangsung setiap hari di Kedai Kebun. Setelah beberapa hari dalam kegiatan Lab, mulai terlihat beberapa grup yang muncul untuk membangun ide sesuai dengan keinginan dan kemampuan para peserta.

Nur Akbar Arofatullah, Dr. Sachiko Hirosue, Andreas Siagian , Budi Prakosa dan Robin Scheibler sedang membuat rancangan bersama mesin sampel air sungai.jpg Workshop nano drop oleh urs gaudenz di HackteriaLab 2014.jpg

Shreyasi memisahkan alga .jpg Meja Kerja mikroskop webcam.jpg

Pameran Hasil Kolaborasi di HackteriaLab 2014 - Yogyakarta

Hasil kolaborasi dalam topik Jogja River Project ditampilkan pada penghujung acara HackteriaLab 2014 - Yogyakarta. Hasil kolaborasi tersebut ditampilkan dalam sebuah pameran yang berlangsung selama seminggu di Langgeng Art Foundation. Berikut beberapa hasil karya kolaborasi yang mengambil tema berkenaan dengan Jogja River Project dan ditampilkan dalam pameran tersebut.

WASP (Water Sampling Probe)

Deskripsi

Sungai Code, salah satu dari tiga sungai di Yogyakarta, sangat penting bagi masyarakat setempat. Namun, sungai memiliki masalah serius seperti banjir, terutama selama waktu letusan Gunung Merapi di dekatnya, serta polusi oleh plastik dan limbah lainnya. Ini adalah prototipe sistem pengambilan sampel air otomatis, yang mengumpulkan sampel air di bagian tertentu dari sungai sesuai dengan pra ditentukan koordinat GPS untuk lebih lanjut bakteri E.coli analisis kontaminasi.

Kolaborator

Sachiko Hirosue, Yashas Shetty, Nur Akbar Arofatullah, Budi Prakosa aka Iyok, Andreas Siagian aka Ucok, Debrina Tedjawidjaja, Helmi Hardian, (WAFT) Tsai - Jung (Carol)

Dokumentasi

BIOSC: BIOLOGICAL ORCHESTRA EXPLOITATION PROJECT

Deskripsi

BIOSC adalah sebuah orkestra pemain biologis. Setiap pemain adalah bentuk kehidupan biologis yang tampil dengan elektronik, berbagai jenis mikrofon, amplifier, osilator elektronik dan organik. Dengarkan setiap suara secara terpisah pada headphone dan mendengarkan orkestra suara melalui speaker. BIOSC mengimplementasikan sistem bio (ana) Logue, proses organik sistem kehidupan yang hidup bersama dan sistem elektronik analog. Fitur instalasi suara ditransmisikan hidup seperti yang dihasilkan dalam sistem organik / analog dan yang muncul dalam komposisi.

Kolaborator

Pia van Gelder, Robertina Sebjanic, uncletwis, James Nichols, Helmi Hardjan, Justyna Ausareny, Debrina Tedjawidjaja, Ivan Bestari Minar Pradipta, Ajaya Maharjan, Dipeshwor Man Shrestha, Brian Degger, Marc Dusseiller, Tsai - Jung (Carol), Paula Pin, Costis Barbas, Bawep Pramara, Andreas Siagian

Dokumentasi

BIOSC sketsa HLab2014.jpg Biosc hackteria yogyakarta.jpg

Searching for... Jogja River Project v.2.0

Deskripsi

Jogja River Project telah mendokumentasikan kontaminasi bakteri coliform di sungai. Proyek ini merupakan kelanjutan dari intervensi berlangsung yang dilakukan oleh Lifepatch dalam menjelajahi makhluk hidup mikroskopis dan makroskopis di sungai. Dengan memutar sampel air ke dalam ritual performatif yang lebih besar, proyek ini berharap untuk mengumpulkan bukan hanya data ilmiah, tetapi juga membuat arsip narasi, kenangan sungai. Peta itu akhirnya akan berkembang menjadi sebuah inisiatif warga kolaboratif terbuka, menyambut proyek dan inisiatif di sekitar sungai lainnya.

Kolaborator

Shreyasi Kar, Yashas Shetty, Dipeshwor Man Shrestha, Agus Tri Budiarto aka Timbil, Nur Akbar Arrofatulloh, Sachiko Hirosue, Ai Hasegawa, Budi Prakosa aka Iyok, Robin Scheibler, Wawis Wisnu Wisdantio, Immanuel Sanka, Tarlen Handayani, Dian KM aka Ringo, Budi Laksono, Novel Rachmad, Urs Gaudenz

Musik Batu di Kali Code

Deskripsi

Pemuda di Tukangan, daerah di sepanjang Sungai Code, bermain-main dengan batu ini ketika mereka nongkrong. Batu menciptakan musik dengan karakteristik sendiri. Tedi Nurmanto meminta mereka jika mereka tertarik untuk membuat "musik batu" bersama-sama. Mereka mengatakan kepada Tedi bahwa mereka telah membahas tentang menjelajahi musik batu. Tedi kemudian mulai bereksplorasi dalam topik ini dengan mereka.

Kolaborator

Tedi Nurmanto, Dian KM aka Ringo, Sanggar Anak Kampung Indonesia

Kegiatan Penelitian dan Lapangan

Berikut beberapa kegiatan penelitian dan lapangan yang dilakukan berkenaan dengan Jogja River Project 2014.

Survey Lapangan

Survey JRP 2014 12.jpeg

Survey Lapangan Jogja River Project 2014 dilakukan sebagai persiapan kegiatan pengambilan sampel air di Sungai Code.

Deskripsi Kegiatan

Pada JRP 2014, pengambilan sampel air sungai akan dilaksanakan dari titik awal hingga titik akhir sungai Code. Metode ini dipilih untuk mendapatkan hasil analisa pencemaran E.coli di sungai Code yang akurat secara ilmiah sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk kondisi sungai Code di tahun 2014. Pemilihan titik pengambilan sampel dilakukan melalui perhitungan posisi dan letak melalui observasi peta, sehingga diperlukan survey lapangan untuk mengetahui akses ke sungai dan kondisi di lokasi tersebut. Dengan mengetahui akses dan kondisi lapangan, pengambilan sampel air dapat dilakukan secara serentak dengan persiapan yang matang. Untuk itu Lifepatch dipimpin oleh Agus Tri Budiarto melakukan survey lapangan sebelum pengambilan sampel air sungai.

Detail Kegiatan

Survey lapangan berlangsung pada tanggal 3-6 September 2014. Survey Lapangan meliputi 27 titik yang akan menjadi lokasi pengambilan sampel air Sungai Code.

Dokumentasi Kegiatan

Berikut dokumentasi terpilih dari kegiatan ini:

Pengambilan foto 360 derajat

Pengambilanfoto01.jpg

Pengambilan foto 360 derajat Jogja River Project 2014 dilakukan sebagai proses pendokumentasian kondisi visual lingkungan Sungai Code di titik pengambilan sampel air Sungai Code.

Deskripsi Kegiatan

Pada JRP 2014, pengambilan foto 360 derajat dilaksanakan pada titik pengambilan sampel air dari titik awal hingga titik akhir sungai Code. Metode ini dipilih untuk mendapatkan kondisi visual lingkungan pengambilan sampel air di sungai Code sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk mendokumentasikan kondisi visual sungai Code di tahun 2014. Pendokumentasian dilakukan dengan teknik fotografis menggabungkan 45-50 foto di lokasi pemotretan. Proses penggabungan dilakukan dengan menggunakan bantuan, perangkat lunak penggabungan foto untuk membuat foto panorama yang awalnya dikembangkan sebagai Graphical User Interface untuk Panorama Tools. Setelah itu, semua foto 360 derajat dikombinasikan dengan semua data pemantauan sungai menjadi bagian dari peta interaktif pemantauan lingkungan Sungai Code. Untuk itu Wawies Wisnu Wisdantio bersama Agus Tri Budiarto melakukan pemotretan di setiap titik pengambilan sampel air sungai Code.

Detail Kegiatan

Pembuatan DIY Panohead

Pembuatan Panohead sebagai alat bantu pendokumentasian 360 derajat sebagai penyempurnaan panohead yang telah dibuat Joan Prahara Bumi dan telah digunakan dalam pelaksanaan Survey Lapangan dan Pengambilan dokumentasi foto 360 Jogja River Project di tahun 2013. Dokumentasi panohead versi pertama pada tahun 2013

Pengembangan panohead sebagai alat bantu pemotretan foto panorama 360 derajat dilakukan mengikuti beberapa informasi dari PanoTools.org Wiki, yaitu informasi pengaturan titik nodal pada berbagai kamera dengan merek dan tipe yang berbeda.

Pendokumentasian menggunakan teknik fotografi 360 derajat

Pemotretan berlangsung di 27 titik yang menjadi lokasi pengambilan sampel air Sungai Code.

Pengambilan Sampel Air

Ade nyebrang sungai.jpg

Kegiatan pengambilan air sampel di sungai Code sebagai bagian Jogja River Project 2014.

Deskripsi

Pengambilan air sampel sungai Code merupakan salah satu kegiatan dalam Jogja River Project 2014. Terdapat 25 titik lokasi pengambilan air sampel di Sungai Code yang merentang dari hulu hingga bagian sungai di batas wilayah kota Yogyakarta. Metode pengambilan air sampel harus dilakukan serentak dalam kurun waktu yang sama di seluruh titik. Oleh karena itu, pengambilan air sampel harus dilakukan oleh 25 orang untuk keseluruhan titik lokasi di Sungai Code. Pengambilan air sampel ini dilakukan oleh Lifepatch beserta warga Juminahan dan komunitas Green Tech. Air sampel kemudian dianalisis dalam kerja di Laboratorium Bio Elektronika Lifepatch untuk mengetahui kadar E.coli di setiap lokasi Sungai Code.

Detail Kegiatan

Pengambilan air sampel sungai Code berlangsung pada:

  • Hari/Tanggal: 13 September 2014
  • Waktu: 10.00 WIB

Analisis air sampel sungai Code berlangsung pada:

Dokumentasi Kegiatan

Berikut dokumentasi terpilih acara ini:

Kegiatan Workshop

Adapun beberapa workshop yang dilakukan lifepatch antara lain adalah.

Workshop Wine di Juminahan - JRP 2014

Suasana workshop wine

Sebah workshop yang mengajarkan bagaimana mebuat wine sendiri dengan materi peralatan sederhana.

Deskripsi Acara

Berdasarkan permintaan dari warga setempat di Juminahan, Lifepatch berkesempatan untuk memberikan workshop membuat wine pada bulan September 2014. Worskhop ini merupakan salah satu bagian dari Jogja River Project 2014. Dalam workshop ini para peserta belajar untuk membuat wine dari peralatan sederhana yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar.

Detail Acara

Acara ini akan diselenggarakan pada:

  • Hari/Tanggal: 29 September 2014
  • Waktu: 18.00 - 22.00,
  • Tempat: Juminahan, Yogyakarta
  • Pemberi Materi: Agung Geger

Info tambahan

Workshop ini hanya diperuntukkan bagi warga Juminahan. Workshop bersifat gratis dan terbuka untuk umum.

Dokumentasi Acara

Berikut dokumentasi terpilih acara ini:

Workshop Kebun Vertikal di Juminahan - JRP 2014

Suasana workshop Sistem Kebun Vertikal

Sebah workshop yang mengajarkan bagaimana mebuat kebun vertikal sendiri di pekarangan sempit dengan materi peralatan sederhana.

Deskripsi Acara

Berdasarkan permintaan dari warga setempat di Juminahan, Lifepatch berkesempatan untuk memberikan workshop membuat kebun vertikal sendiri pada bulan September 2014. Worskhop ini merupakan salah satu bagian dari Jogja River Project 2014. Dalam workshop ini para peserta belajar untuk membuat sistem kebun vertikal dan pengairan sederhana.

Detail Acara

Acara ini akan diselenggarakan pada:

  • Hari/Tanggal: 27 September 2014
  • Waktu: 15.00-18.00,
  • Tempat: Juminahan, Yogyakarta
  • Pemberi Materi: Krishna Waworuntu

Info tambahan

Workshop ini hanya diperuntukkan bagi warga Juminahan.

Dokumentasi Acara

Berikut dokumentasi terpilih acara ini: