Listrik DC Air Laut

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Rangkaian Seri Listrik dari air laut

Sebuah percobaan oleh lifepatch untuk potensi pemberdayaan listrik arus satu arah (DC) menggunakan air laut.

Deskripsi

Pada bulan Juli 2012, lifepatch mengadakan percobaan untuk mendapatkan daya listrik dari air laut. Ide ini didapatkan dari beberapa situs yang sedang menggali potensi pengembangan listrik alternatif dari air laut. Lifepatch kemudian memutuskan untuk melakukan sendiri percobaan tersebut.

Landasan Teori

Dalam percobaan ini, listrik dihasilkan melalui korosi antara logam Seng dan Tembaga dengan air laut yang digunakan. Reaksi ini dikenal sebagai reaksi elektrokimia. Elektrokimia adalah salah satu dari cabang ilmu kimia yang mengkaji tentang perubahan bentuk energi listrik menjadi energi kimia dan sebaliknya. Proses elektrokimia melibatkan reaksi redoks, yaitu reaksi yang didalamnya terjadi perpindahan elektron secara berurutan dari satu spesies kimia ke spesies kimia lainnya, yang sesungguhnya terdiri atas dua reaksi yang berbeda, yaitu oksidasi (kehilangan elektron) dan reduksi (memperoleh elektron). Proses transfer elektron akan menghasilkan sejumlah energi listrik.

Hasil

Pengukuran besar daya listrik yang dihasilkan menggunakan Multimeter
Rangkaian Listrik DC Air Laut menghidupkan LED 3V

Daya yang dihasilkan dari percobaan Listrik DC Air Laut hampir mencapai 4V. Percobaan ini menggunakan 5 rangkaian anoda dan katoda yang terhubung menjadi rangkaian seri. Daya listrik dapat ditingkatkan sekitar 1V dengan menambah rangkaian anoda dan katoda lainnya.

Tutorial

Bahan

Bahan yang dibutuhkan untuk percobaan listrik DC dari air laut: Tembaga, Seng, LED, Kabel

Bahan - bahan yang diperlukan cukup sederhana dan mudah didapatkan. Berikut daftar bahan yang diperlukan untuk percobaan ini:

  • Pipa Galvanis (Seng)
  • Pipa Tembaga
  • Air Laut
  • Kabel tembaga
  • LED 3V
  • Gelas plastik bekas
  • Tang pengupas kabel
  • Multimeter (untuk mengukur daya arus listrik yang dihasilkan)
Rangkaian tembaga dan seng yang digunakan untuk percobaan Listrik DC Air Laut

Kupas masing-masing ujung kabel lalu ikat/hubungkan masing-masing ujung dengan pipa tembaga dan seng. Celupkan logam galvanis dan tembaga pada air laut sehingga membentuk rangkaian seri yaitu ujung pipa tembaga rangkaian satu terhubung dengan ujung pipa galvanis rangkaian dua melalui air laut dan seterusnya. Hubungkan kedua ujung sisi dengan LED 3V.

Video

Referensi dan Link Eksternal

Komentar, Saran dan Pertanyaan

blog comments powered by Disqus