Lokakarya Fermentasi Beras dan Kain Tye Dye di Bioclub, Rumah dan Halaman 2017

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search

Sebuah acara yang terdiri dari 2 sesi lokakarya dalam membuat Koji dan Kain Warna Celup. Acara ini merupakan bagian dari Rumah dan Halaman.

Deskripsi Acara

Acara ini terdiri dari 2 lokakarya yang berlangsung berkesinambungan dalam satu hari. Lokakarya pertama diberikan oleh Hiraku Ogura adalah sebuah lokakarya yang megajak para peserta untuk membuat Koji, yaitu beras yang dimasak dan yang telah diinokulasi dengan kultur fermentasi, Aspergillus oryzae. Koji sendiri menjadi bahan utama dalam banyak masakan dan minuman di Jepang, seperti Sake, Miso, Cuka Beras, Kecap dll. Para peserta akan belajar cara membuat Koji dengan beberapa peralatan sederhana.

Sesi kedua dilanjutkan dengan workshop dari Lifepatch yang dipimpin oleh Dholy Husada. Lokakarya ini mengajak para peserta untuk membuat motif warna pada kain dengan metode celup yang menggunakan bahan - bahan alami. Bahan yang digunakan seperti kunir, gula merah dll. Metode celup cukup mudah dilakukan dengan peralatan dapur yang layaknya ditemukan di rumah - rumah pada umumnya.

Detail Acara

Acara ini berlangsung pada:

  • Hari/Tanggal: Minggu, 12 February 2017
  • Waktu: 10:00 – 15:30 Waktu Setempat
  • Tempat: Loftwork COOOP Lantai 7
  • Alamat: Dogenzaka Pier 10th Floor, 1-22-7 Dogenzaka, Shibuya-ku, Tokyo 150-0043

Acara terbuka untuk umum mrelalui pendaftaran. Untuk mendaftar dapat mengikuti instruksi di tautan luar berikut.

Dokumentasi Acara

Berikut dokumentasi terpilih dari acara ini:

Referensi dan Pranala Luar