MiCAM

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Microscope-webcam-DEV.png

MiCAM adalah sebuah kit mikroskop digital dengan citra sensor dari webcam yang dikembangkan oleh Lifepatch. Riset dan pengembangan MiCAM berawal dari workshop tentang modifikasi webcam menjadi mikroskop digital yang diberikan oleh organisasi Hackteria DIY Microscope Webcam dari Hackteria.

Deskripsi

MiCAM adalah sebuah kit mikroskop digital menggunakan webcam dari Lifepatch. MiCAM didesain khusus mengutamakan durabilitas dan kemudahan operasional dalam pengamatan mikroskopik. Pengembangan MiCAM dimulai sejak workshop yang dilakukan oleh Marc Dusseiller - Hackteria pada tahun 2009.

MiCAM Ilustrasi.png

Versi

Pengembangan Awal

Penggunaan kamera webcam sebagai Mikroskop Digital pertama kali dikembangkan oleh Organisasi Hackteria (hackteria.org) yang bermarkas di Switzerland. Pada awalnya, DIY- Webcam Microscope merupakan sebuah proyek kesenian yang berfokus pada Biologi dan bersifat Open Source. Ide kreatif dalam menghack webcam itu sendiri berasal dari anggota Hackteria yang bernama Urs Gaudenz. Prinsip kerjanya sangat sederhana, yaitu dengan membalik lensa pada webcam yang mudah didapat di pasaran sehingga mendapatkan pembesaran yang cukup tinggi (±300-400X). Pada tahun 2009, Marc Dusseiller yang merupakan ketua organisasi Hackteria memberi sebuah workshop khusus mengenai penggunaan mikroskop webcam ini kepada para mahasiswa Jurusan Mikrobiologi Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

MicroscopWebcam Workshop.png

Pada tahun 2010, Nur Akbar Arofatullah melanjutkan pengembangan mikroskop webcam di Laboratorium Mikrobiologi Pertanian UGM . Proses penelitian, pengembangan, serta disseminasi teknologi sederhana pembuatan mikroskop dari webcam terus berlanjut hingga sekarang. Pada bulan September 2010 Akbar mulai mendisseminasikan teknologi sederhana pembuatan mikroskop webcam melalui beberapa workshop. Sekolah pertama yang mendapatkan workshop adalah SMA 1 Imogiri, setelah itu dia mengadakan sejumlah workshop di beberapa TK, SD, SMP dan SMA yang berlokasi di wilayah DIY dan Jawa Tengah. Tujuan dari workshop tersebut adalah untuk menunjukkan kepada para siswa mengenai prinsip dasar kerja mikroskop, serta untuk mendorong para siswa agar tidak mudah menyerah terhadap keterbatasan fasilitas, bahwasanya selalu ada jalan dalam setiap keterbatasan.

Konverter Mikroskop Stereo ke Digital

Konverter ini merupakan alat untuk mengubah mikroskop konvensional menjadi mikroskop digital secara mudah dan murah, sehingga proses pengamatan dapat dilakukan melalui komputer/laptop. Proses konversi dilakukan dengan menempatkan sebuah konverter yang berisi sensor webcam dan lensa okuler pada tabung housing okuler mikroskop konvensional.

MiCAM

Pengembangan mikroskop webcam dengan stage dari bahan acrylic mulai dilakukan pada pertengahan tahun 2013. Ide pembuatan MiCAM acrylic berawal dari kebutuhan akan kit mikroskop webcam yang dapat dirakit secara cepat dengan biaya produksi yang minimal. Pada saat itu, tim Lifepatch mendapat kesempatan untuk memberikan workshop pembuatan miroskop pada Partisipasi Lifepatch di Muslihat OK Video Festival 2013. Untuk workshop tersebut, Andreas Siagian meminta Nur Akbar Arofatullah untuk mendesain mikroskop webcam yang sesuai dengan spesifikasi workshop (mudah dirakit dan murah). Pada awalnya akbar mendesain kit yang cukup kompleks (MiCAM V1) dengan biaya produksi melebihi budget maksimal. Setelah melalui beberapa kali revisi, akhirnya dihasilkan desain MiCAM V2 berbahan acrylic yang dapat dibuat dengan mudah, murah dan cepat. Proses pemotongan bahan acrylic dilakukan menggunakan jasa laser cut yang telah banyak tersedia di kota Yogyakarta.

MiCAM V1

MiCAM V2

MiCAM LVRA (Low vision reading aid)

Versi Micam ini dibuat atas permintaan seorang teman (Wida Sari/Mbak Wida) yang merupakan dosen PGSD Universitas Sanata Dharma. MiCAM LVRA tersebut diperlukan oleh Mbak Wida dalam mengajar anak-anak berkebutuhan kusus (Low Vision). Pada saat itu, Mbak Wida meminta Akbar untuk mendesain sebuah alat bantu optik digital yang compact dan pas dalam genggaman anak-anak, sehingga mereka dapat leluasa menggunakannya sebagai alat bantu baca (memperbesar tulisan di buku).

MiCAM V3

Micam V3 dikembangkan dengan mekanisme focusing yang sama dengan MiCam LVRA

MiCAM V3.1

MiCAM V3.2

Versi micam ini merupakan penyempurnaan dari versi MiCam sebelumya (V3.1). Pada MiCAM v3.2, mekanisme pemandu pergerakan vertikal dengan 4 baut pancang dihilangkan dan diganti sepenuhnya menggunakan mekanisme contact frame webcam acrilic dengan dinding casing, sehingga bentuk micam menjadi lebih kecil dan compact.

Desain

Anda boleh mengunduh desain dan memproduksinya dengan bebas hanya untuk keperluan pribadi. Publikasi dan modifikasi dari desain ini wajib mencantumkan Lifepatch dan Hackteria dalam materinya. miCAM dibawah lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa(BY-NC-SA): Pencipta diberi kredit dan boleh diturunkan dengan lisensi yang identik untuk tujuan nonkomersial saja.

Software

Software yang dapat digunakan untuk melihat tampilan output MiCAM.

Windows

Macintosh

Raspberry Pi

Referensi dan Pranala Luar

Komentar dan Pertanyaan

blog comments powered by Disqus