Microtransformer

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Instalasi Microtransformer ditampilkan di Geekfest 2012
Microtransformer.jpg

Microtransformer adalah sebuah instalasi sederhana yang menampilkan langkah-langkah proses fermentasi buah-buahan. Instalasi ini dikembangkan dari IB:SC.

Deskripsi

Instalasi Microtransformer merupakan sebuah instalasi sederhana yang menampilkan beberapa langkah proses fermentasi buah-buahan tropis yang dikembangkan di IB:SC menjadi sebuah rangkaian visual proses tersebut. Instalasi ini bertujuan untuk menjelaskan proses fermentasi secara garis besar kepada publik umum. Instalasi ini ditampilkan di Geekfest 2012 yang diselenggarakan di Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung. Dalam instalasi ini ditampilkan beberapa elemen yaitu:

DIY Starter Shaker

Alat ini berfungsi untuk melancarkan aliran udara sehinggamempercepat replikasi mikroorganisme didalam gelas ukur. Dalam proses fermentasi, mikroorganisme yang digunakan adalah Saccharomyces cerevisiae.

Rainbow Yeast Medium

Beberapa contoh medium agar yang digunakan sebagai "tempat tinggal" Yeast Saccharomyces cerevisiae. Yeast sendiri merupakan sejenis mikroorganisme yang berfungsi dalam proses fermentasi buah-buahan. Dalam proses fermentasi, Yeast berfungsi untuk mengubah kandungan gula dalam buah-buahan menjadi alkohol (ethanol).

Fermentor Ethanol Creator

Fermentor adalah sebuah lingkungan anaerob (tanpa udara) dimana proses fermentasi berlangsung. Proses fermentasi itu sendiri adalah proses konversi kandungan gula (sukrosa, glukosa, fruitosa dll) dalam buah-buahan menjadi gas karbon dioksida dan alkohol (ethanol). Buah yang digunakan pada fermentor ini adalah buah Timun Sari.

DIY Wine

Contoh wine hasil akhir yang didapatkan dari proses fermentasi buah-buahan tropis. Contoh yang ditampilkan disini adalah wine manggis.

Dokumentasi

Dokumentasi visual aktifitas lifepatch di Geekfest 2012 dapat dilihat di Family Album Geekfest 2012.

blog comments powered by Disqus