OK. Video

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search

OK. Video merupakan salah satu divisi di ruangrupa, organisasi seni rupa kontemporer yang didirikan pada 2000 oleh sekelompok seniman di Jakarta yang bergiat mendorong kemajuan gagasan seni rupa dalam konteks urban dan lingkup luas kebudayaan melalui pameran, festival, laboratorium seni rupa, lokakarya, penelitian, serta penerbitan buku, majalah, dan jurnal.

Periode 2008-2014, OK. Video fokus pada pengembangan seni video di Indonesia. Pesatnya perkembangan teknologi audiovisual mendorong divisi ini membuka diri pada kebaruan gagasan kolaborasi dan persilangan seni, ilmu pengetahuan, media, dan teknologi melalui berbagai program, seperti festival, pameran dan pertujukan seni media, lokakarya, dokumentasi, produksi, serta distribusi karya seni media Indonesia.

Pada 2015, OK. Video mengembangkan diri secara institusional festival dan memutuskan untuk mengubah namanya dari Jakarta International Video Festival menjadi Indonesia Media Arts Festival. Ini sekaligus menjadi pembuka bagi perhelatan OK. Video di tahun-tahun mendatang yang memutuskan untuk memperluas medium artistik dan menghadirkan karya-karya yang lebih beragam. Misalnya karya berbasis waktu (video dan film) dan bersifat instalatif, pertunjukan, seni bebunyian (sound art), seni berbasis internet atau media sosial, dan membuka kemungkinan-kemungkinan lain dari karya-karya berbasis teknologi audiovisual dan media yang berpeluang menghadirkan kebaruan gagasan artistik dan isu-isu kritis terhadap tema besar yang diusung, serta memperluas jangkauan penontonnya.