Otakatik Creative Workshop

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Logo Otakatik Creative Workshop

Otakatik Creative Workshop adalah sebuah komunitas kreatif yang membangun sebuah workshop di Yogyakarta yang terbuka bagi praktik kreatif yg bersifat independen. Workshop ini terbuka bagi siapa saja yang hendak berkarya dan berbagi ilmu bersama.

Biografi

Mimikri, sebuah karya dari Otakatik Creative Workshop yang ditampilkan di Bioartnergy 2012, diciptakan melalui pengolahan limbah kaca
Otakatik Creative Workshop

Otakatik Creative Workshop (disingkat Otakatik) merupakan perkembangan dari Otakatik Creative Design bergerak di bidang desain grafis dan didirikan pada tahun 2004. Dalam perkembangannya, anggota Otakatik Creative Design berpencar untuk bisa berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan pribadinya masing-masing. Otakatik Creative Workshop kemudian terbentuk kembali dengang berkumpulnya beberapa anak muda dari Jurusan Desain Produk UKDW yang terbentuk oleh salah satu dari anggota lama Otakatik Creative Design. Awalnya mereka sering berkumpul untuk membahas tugas ataupun ide-ide iseng. Pada pertengahan tahun 2011 kumpulan anak muda ini bersepakat untuk membuat ruang kreasi dan eksplorasi bersama yang kemudian dikenal sebagai Otakatik Creative Workshop.

Otakatik mendeklarasikan diri mereka sebagai komunitas kreatif yang tertampung dalam wadah bersama untuk belajar, berekspresi dan berkreasi dalam membangun sebuah karya. Otakatik bergerak dalam eksplorasi kreasi-kreasi dengan bahan/material lokal, baik limbah ataupun non limbah serta pengembangan teknologi tepat guna dengan semangat Do it Yourself (D.I.Y). Markas Otakatik terbuka untuk siapapun yang ingin belajar bersama atau siapapun yang ingin berbagi pengetahuan dan ide kreatifnya.

Otakatik didirikan dengan tujuan tercapainya kemandirian basis produksi bagi anggota dan masyarakat sekitar yang bersifat mandiri baik dari kebutuhan material maupun teknologinya. Dengan tujuan tersebut maka diharapkan tiap individu yang tergabung dalam Otakatik mampu mengembangkan unit-unit produksi mandiri yang mampu menyerap tenaga kerja.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka Otakatik melakukan eksplorasi-eksplorasi metode pengolahan dan kreasi untuk memanfaatkan potensi material yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Dalam tahapan saat ini Otakatik sedang lebih berfokus pada eksplorasi material limbah kaca yang masih cukup jarang dimanfaatkan di daerah Indonesia. Dalam eksploarasi ini, Otakatik juga mengembangkan teknologi tepat guna secara paralel dengan kebutuhan penggolahan material ataupun riset kebutuhan di masyarakat.

Kreatifitas dan keinginan untuk mencari jawaban melalui eksplorasi merupakan modal utama Otakatik dalam tiap pengembangan metode pengolahan material maupun proses berkarya. Otakatik selalu mencoba untuk melihat keterbatasan yang ada sebagai peluang untuk berinovasi. Perkembangan internet yang pesat dari tahun ke tahun membuat batasan untuk berjejaring dan juga belajar mengenai solusi praktis hingga solusi kompleks untuk berbagai persoalan teknis dalam pengolahan materialpun semakin memungkinkan. Otakatik mencoba memanfaatkan gejala tersebut dan memadukannya dengan modal lokal yang tersedia untuk menggali potensi semaksimal mungkin.

Kolaborasi juga menjadi metode belajar yang efektif untuk belajar bersama, Otakatik membuka diri untuk berkolaborasi dengan siapapun dari latar belakang apapun. Hal ini disadari dengan pemikiran bahwa dalam kolaborasi yang kaya akan interaksi maka transfer ilmu dengan sendirinya akan terjadi dan memperkaya tiap individu yang terlibat.

Kontak

Otakatik Creative Workshop

  • Alamat: Jl. Ngadimulyo WB I No 265 RT37 RW8 Kelurahan Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan Yogyakarta 55253
  • Kontak Person: Ivan Bestari Minar Pradipta
  • E-mail: ivanoozz(@)yahoo(dot)com 

  • Telp/Fax: 0274-619 780
  • Situs Resmi: http://otakatik.org

Referensi dan Pranala Luar