Category:Pd clash

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
(Redirected from Pd clash)
Jump to: navigation, search
Logo Pd clash

Pd clash adalah sebuah rangkaian workshop pemrograman Pure data (Pd) yang dilakukan oleh anggota lifepatch.

Pure data

Pure Data (Pd) adalah sebuah software pemrograman grafis real-time untuk audio, video, dan pemrosesan grafis digital. Karena semua jenis media ini ditangani sebagai data dalam program, terdapat banyak peluang menarik untuk cross-sintesis antara media tersebut. Suara dapat digunakan untuk memanipulasi video, yang dapat kemudian di-streaming melalui internet ke komputer lain yang mungkin menganalisis video itu dan menggunakannya untuk mengendalikan instalasi yang digerakan secara motorik. Pd umumnya digunakan untuk pertunjukan musik live, VeeJaying, komposisi efek suara, interfacing dengan sensor, kamera dan robot atau bahkan berinteraksi dengan website.

Intisari dari Pd ditulis dan dikembangkan oleh Miller S. Puckette dan mencakup hasil karya dari banyak pengembang, menjadikan keseluruhan paket ini sebuah hasil kerja bersama komunitas.

Komunitas pengguna dan programer Pd telah menciptakan fungsi tambahan (disebut "eksternal" atau "library eksternal") yang digunakan untuk berbagai tujuan lain, seperti pemrosesan video, pemutaran dan streaming MP3 atau video Quicktime, manipulasi dan menampilkan benda 3 dimensi dan pemodelan obyek fisik virtual. Pd dapat beroperasi di Linux, Windows dan Mac OS X, dan terdapat berbagai library eksternal untuk memberikan fitur tambahan pada Pd.

Real Time Programming (Live Coding)

Dalam teknik pemrograman tradisional, programer komputer menggunakan bahasa pemrograman berbasis teks untuk menulis aplikasi. Programer harus menulis kode berbaris dalam sebuah file, setelah itu menjalankannya untuk melihat hasilnya. Namun, banyak seniman di bidang suara atau visual, serta non-programmer, menemukan metode ini sulit dan non-intuitif dalam proses kreasinya.

Pemrograman Grafis

Di sisi lain, Pd menawarkan lingkungan grafis pemrograman. Artinya, penulisan kode berbaris, yang menggambarkan fungsi dari suatu program dan bagaimana mereka berinteraksi, digantikan dengan obyek-obyek visual yang dapat dimanipulasi pada layar. Pengguna Pure Data dapat membuat program-program baru (tambahan) dengan menempatkan fungsi (objek) pada layar. Mereka dapat mengubah cara objek ini berperilaku dengan mengirim pesan kepada obyek tersebut dan dengan menghubungkan mereka bersama-sama dengan cara yang beragam dengan menggambar garis di antara mereka. Metafora visualisasinya banyak mencontoh pada sejarah musik elektronik abad ke-20, di mana suara itu dibuat dan diubah oleh perangkat elektronik kecil yang terhubung bersama melalui kabel patch.

Real Time

Keuntungan sebenarnya dari Pd adalah Pd bekerja dalam "real-time", yang berarti bahwa modifikasi dapat dilakukan ketika program sedang berjalan, dan pengguna dapat melihat atau mendengar hasilnya secara langsung. Hal ini menjadikan Pd sebuah alat kuat bagi seniman yang menggunakan suara atau video dalam kondisi live performance.

Referensi dan Link Eksternal