Pemutaran Film Dokumenter: The World According to Monsanto

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Poster Film The World According to Monsanto

Deskripsi Acara

Sebuah pemutaran film dokumenter mengenai kontroversi seputar produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan Monsanto dalam agendanya untuk mendominasi sektor pertanian secara global, dan menjadikannya sebagai produsen benih dengan DNA rekombinan terbesar di Dunia. Monsanto merupakan perusahaan multinasional dari Amerika yang bergerak di bidang industri kimia yang kemudian menjelma menjadi industri berbasis bioteknologi pertanian. Film ini akan mengulas dugaan praktik-praktik ilegal perusahaan tersebut untuk mendominasi pasar yang menimbulkan ancaman terhadap keamanan pangan dan stabilitas lingkungan.

Sinopsis Film

Dengan 17,500 karyawan, angka penjualan 2006 mencapai $ 7.5 miliar dan kegiatan operasional yang berada di 46 negara, monsanto adalah pimpinan dunia dalam bidang organisme hasil modifikasi genetik (GMO), serta salah satu perusahaan industri yang paling kontroversial sepanjang sejarah. Sejak berdiri pada tahun 1901, perusahaan tersebut telah berulang kali dituntut karena sifat racun dari produk yang dihasilkan, yang diantaranya termasuk polychlorinated biphenyls (pcbs), polistirena, herbisida penghancur seperti agent orange yang digunakan selama perang vietnam, dan hormon pertumbuhan sapi, yang dikategorikan illegal di Kanada dan dilarang di Eropa.

Saat ini, Monsanto telah menjelma menjadi sebuah prusahaan ' life sciences ' dengan tujuan untuk menciptakan pembangunan pertanian yang berkelanjutan. Hal tersebut dapat terlaksana berkat biji hasil modifikasi genetis yang dirancang untuk dapat bertahan terhadap produk Roundup monsanto, sebuah herbisida terlaris di dunia. Perusahaan tersebut mengklaim akan memberikan solusi terhadap bencana kelaparan di dunia, dan dapat mengurangi kerusakan lingkungan.

The World According to Monsanto mengeksplorasi berbagai kasus yang terjadi di amerika serikat (termasuk anniston, alabama), kanada, india, meksiko, paraguay, britania raya (skotlandia ) dan perancis, dan mengklaim bahwa berbagai praktik ilegal seperti kolusi dengan pemerintah, taktik penindasan, manipulasi data ilmiah, dan praktek-praktek ilegal lainnya telah dilakukan perusahaan tersebut untuk mencapai tujuannya dalam mendominasi sektor pertanian di seluruh dunia, dan menjadikannya sebagai produsen benih terbesar di Dunia.

Film ini berusaha menunjukan bagaimana kesan hijau dan bersih yang diperlihatkan dalam iklan hanya berfungsi sebagai pengalih perhatian terhadap tujuan Monsanto untuk mendominasi pasar serta memberikan ancaman terhadap keamanan pangan dan stabilitas lingkungan. Beberapa narasumber yang bersedia diwawancarai dalam Film ini diantaranya berasal dari kalangan Ilmuwan, perwakilan Biro administrasi obat dan makanan AS, Biro perlindungan lingkungan hidup AS, perwakilan masyarakat sipil, korban dari kegiatan perusahaan tersebut, pengacara, serta kalangan politisi.

Sesi Diskusi

Diagram resistensi tanaman terhadap Glyphosate

Pada akhir kegiatan screening film, akan dilanjutkan dengan diskusi mengenai film dan presentasi singkat oleh mahasiswa Bioteknologi UGM mengenai metode peningkatan resistensi tanaman terhadap Glyphosate (bahan aktif herbisida Roundup) melalui mutasi beberapa asam amino secara bersamaan.

Detail Acara

Acara ini diadakan pada:

  • Hari/Tanggal: Sabtu, 25 Januari 2014
  • Waktu: 19.00 WIB
  • Tempat: Rumah lifepatch
  • Alamat: Jl. Bugisan Selatan, Gumuk Indah RT 13 RW 36, Yogyakarta (Belakang SMKI)
  • Kontak: Nur Akbar Arofatullah: (0857-4340-0880)

Screening bersifat gratis dan terbuka untuk umum. Film dalam bahasa Inggris, cukup membosankan dan tidak ada subtitle Bahasa Indonesia.

Dikarenakan keterbatasan tempat, peserta screening film akan kami batasi untuk 15 orang saja. Bagi Teman-teman yang berminat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, dimohon kesediaanya untuk mengisi formulir pendaftaran melalui link berikut: https://docs.google.com/forms/d/1VfQvr6Z-tEveBBYR9tFaIhsjNVJ_IRD98S8XibWQO0Q/viewform

Dokumentasi

Berikut dokumentasi terpilih dari acara Pemutaran Film Dokumenter: The World According to Monsanto:

Referensi dan Pranala Luar

blog comments powered by Disqus