Pra-HackteriaLab 2014 - Yogyakarta

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Flyer Hackterialab 2014.jpg

Contents

Solder Synth Sense Sore Sore Sip Workshop, 2 Februari 2014

Poster publikasi acara Solder Synth Sense Sore Sore Sip

Solder Synth Sense Sore Sore Sip merupakan sebuah acara workshop merangkai elektronik yang diselenggarakan oleh Lifepatch.

Deskripsi Acara

Sebuah acara workshop dari Lifepatch yang diperuntukkan bagi pembelajaran dan pengenalan awal terhadap praktik elektronika. Dalam workshop ini, para peserta akan belajar untuk membaca skematik, pengenalan terhadap komponen elektronik dan merangkai sebuah instrumen elektronika sederhana. Dalam worskhop ini, peserta akan belajar dengan merakit "Synth Sense", sebuah modul sensor kelembaban elektronik sederhana yang diproduksi oleh Lifepatch.

Detail Acara

SSSSSS01-07.jpeg

Adapun acara ini berlangsung pada:

  • Hari/Tanggal: Minggu, 2 Februari 2014
  • Jam: 15.00 WIB
  • Tempat: Rumah Lifepatch
  • Alamat: Jalan Bugisan Selatan Gumuk Indah, RT 13, RW 36, Yogyakarta
  • Kontak: uc (08175471005)
  • Persyaratan: Peserta workshop dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000,- untuk pengganti biaya komponen
  • Pendaftaran: Silahkan isi formulir dibawah atau di tautan luar disini

Peserta terbatas dan melalui pendaftaran. Lifepatch memberikan kesempatan gratis bagi 2 orang yang sedang tidak mempunyai dana cukup untuk mengikuti workshop, namun sangat ingin belajar dan mengikuti workshop.

Synth Sense

Rangkaian Synth Sense yang digunakan oleh Lifepatch dalam sebuah pameran

Synth Sense adalah nama dari sebuah modul elektronik sederhana dari Lifepatch, yang dapat digunakan untuk mendeteksi kadar air suatu material.

Synth Sense

Synth Sense adalah sebuah modul elektronik sensor pendeteksi kelembaban yang diproduksi oleh Lifepatch. Modul elektronik ini menggunakan aplikasi elektronik sederhana yang dapat menghasilkan suara dengan frekuensi berbeda-beda, tergantung dari kelembaban suatu material yang diamati. Synth Sense juga bereaksi terhadap kadar air yang terdapat di permukaan kulit manusia, sehingga dapat digunakan juga sebagai sensor sentuhan. Rangkaian Synth Sense sangat sederhana dan sangat cocok bagi pembelajaran awal dalam praktik elektronika.

Moist Sense

Rangkaian Synth Sense pertama kali dikembangkan oleh Lifepatch dalam Instalasi Moist Sense. Instalasi ini mengangkat topik Urban Farming dan telah ditampilkan dalam pameran bersama di beberapa kota. Dalam Instalasi Moist Sense, rangkaian Synth Sense berfungsi untuk menghasilkan variasi komposisi suara berdasarkan kadar air dari tanah dimana tumbuhan berada. Lebih lengkapnya mengenai Instalasi Moist Sense dapat dilihat disini.

Dokumentasi

Dokumentasi Acara

Berikut dokumentasi terpilih dari acara ini:

Referensi dan Pranala Luar

Sinau Skema Sirkuit Sintesis Suara Sob, Workshop Intensif, 21, 22, 23 Februari 2014

Poster Publikasi Sinau Skema Sirkuit Sintesis Suara Sob

Sinau Skema Sirkuit Sintesis Suara Sob adalah sebuah acara workshop intensif mengenai praktik elektronik yang diselenggarakan oleh Lifepatch.

Deskripsi Acara

Sinau Skema Sirkuit Sintesis Suara Sob adalah sebuah workshop intensif untuk praktik sintesis suara menggunakan medium elektronik analog. Workshop intensif ini akan membahas mulai dari membaca skematik, pengenalan komponen elektronik, penggunaan breadboard, membuat prototipe, pembuatan PCB (Printed Circuit Board), hingga perakitan sirkuit elektronik. Workshop intensif ini akan berlangsung selama 3 sesi selama 3 hari. Dalam workshop intensif ini, peserta akan membuat sebuah instrumen elektronik hasil rangkaian mereka sendiri.

Setiap sesi workshop akan berlangsung selama 3 jam setiap harinya. Para peserta workhop diwajibkan untuk menghadiri setiap sesi yang diadakan sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditetapkan. Workshop terbuka untuk umum melalui pendaftaran dan dikenakan biaya pengganti materi workshop sebesar Rp. 50.000,-.

Detail Acara

Adapun acara ini berlangsung pada:

  • Sesi 1
    • Hari/Tanggal: Jumat, 21 Februari 2014
    • Jam: 17.00 WIB
  • Sesi 2
    • Hari/Tanggal: Sabtu, 22 Februari 2014
    • Jam: 15.00 WIB
  • Sesi 3
    • Hari/Tanggal: Minggu, 23 Februari 2014
    • Jam: 15.00 WIB

Ketiga sesi workshop ini akan berlangsung di:

  • Tempat: Rumah Lifepatch
  • Alamat: Jalan Bugisan Selatan Gumuk Indah, RT 13, RW 36, Yogyakarta
  • Pemberi Materi Workshop: Julian Abraham, Marc Dusseiller dan Lifepatch
  • Kontak: uc (08175471005)
  • Persyaratan:
    • Peserta workshop dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,- untuk pengganti materi workshop
    • Peserta diwajibkan menghadiri ketiga sesi workshop sesuai waktu dan tempat yang ditentukan.
  • Pendaftaran: Silahkan isi formulir dibawah atau di tautan luar disini

Peserta terbatas hanya untuk 5 orang melalui pendaftaran. Lifepatch memberikan kesempatan gratis bagi 1 orang yang sedang tidak mempunyai dana cukup untuk mengikuti workshop, namun sangat ingin belajar dan mengikuti workshop. Bagi para peminat yang tidak bisa menyanggupi persyaratan yang tersebut diatas, kami harapkan untuk tidak mendaftar workshop ini.

Dokumentasi Prototipe

Berikut dokumentasi prototipe penggunaan oscillator dan step sequencer.

Aktivitas Sesi 1, 21 Februari 2014

Workshop intensif ini diawali dengan pengenalan skematik dan cara pembacaannya. Para peserta diperkenalkan pada skematik sederhana, cara pembacaan resistor, kapasitor dan komponen lainnya. Untuk memperkenalkan pada sintetis suara, para peserta mempelajari praktik sederhana menggunakan voltase listrik untuk menggerakkan speaker, hingga oscillasi suara sederhana.

Dokumentasi Kegiatan Sesi 1

Aktivitas Sesi 2, 22 Februari 2014

Pada sesi kedua, para peserta berfokus dalam praktik prototyping. Disini, para peserta diperkenalkan pada komponen-komponen elektronik dan penggunaannya sesuai dengan skematik yang telah dipelajari dalam sesi sebelumnya.

Dokumentasi Kegiatan Sesi 2

Aktivitas Sesi 3, 23 Februari 2014

Dalam sesi terakhir, para peserta belajar untuk membuat papan sirkuit cetak (Printed Circuit Board / PCB) dari rangkaian prototipe yang telah mereka ciptakan. Peserta belajar metode transfer tone. yang digunakan dalam membuat PCB bagi rangkaian prototipe tersebut.

Dokumentasi Kegiatan Sesi 3

Referensi dan Link Eksternal

Herbal Soap Workshop Sob, Workshop 2 Maret 2014

Herbal Soap Workshop Sob Poster.jpg

Sebuah workshop untuk belajajr membuat sabun herbal.

Deskripsi Acara

Sebuah sesi workshop yang mengajarkan para peserta untuk membuat sabun dari bahan-bahan nabati dan alami. Sabun herbal berbeda dengan sabun pada umumnya yang cenderung menggunakan bahan kimia dalam pembuatannya. Para peserta akan mempelajari dan mempraktekan langsung cara pembuatan sabun dari bahan alami ini. Sesi workshop ini diberikan oleh Tamara Pertamina.

Detail Acara

Workshop ini akan berlangsung pada:

  • Hari / Tanggal: Minggu, 2 Maret 2014
  • Waktu: 19.00 WIB
  • Tempat: Rumah Lifepatch
  • Alamat: Jl. Bugisan Selatan, Gumuk Indah RT 13 RW 36, Yogyakarta (Belakang SMKI) 55182
  • Pemberi Materi: Tamara Pertamina
  • Kontak: uc (08175471005)
  • Syarat: Terbuka untuk umum melalui pendaftaran dengan biaya pengganti material Rp. 20.000,-. Silahkan isi formulir pendaftaran dibawah.


Dokumentasi

Berikut dokumentasi foto terpilih dari aktivitas ini:

Referensi dan Pranala Luar

Tourdigrade, Workshop dan Presentasi Keliling di 4 Kota, 17 Maret 2014 - 3 April 2014

Tourdigrade-banner.jpg
Poster Publikasi Tourdigrade


Rangkaian workshop, presentasi dan performans di beberapa kota yang menjadi bagian dari Pra-HackteriaLab 2014 - Yogyakarta, sebuah rangkaian acara dalam HackteriaLab 2014 - Yogyakarta.

Deskripsi Kegiatan

“Tourdigrade” adalah sebuah rangkaian acara workshop, presentasi dan performans keliling beberapa kota di Indonesia. Rangkaian acara ini merupakan salah satu bagian dari fase pra-HackteriaLab 2014 yang berlangsung di Yogyakarta. Rangkaian acara workshop ini menitik beratkan pada aktivitas berbagi pengetahuan dalam praktik kesenian dan ilmu pengetahuan biologis sederhana. Hackteria dan Lifepatch ingin memperkenalkan praktik kreatif penggunaan ilmu biologis melalui beberapa materi workshop.

Beberapa materi workshop yang akan diberikan dalam Tourdigrade antara lain adalah:

  1. Praktik elektronik kreatif seperti membuat synthesizer kecil dan system interaktif sederhana dengan sensor cahaya, sentuhan manusia hingga kelembaban materi seperti tanah dan udara.
  2. Teknik fermentasi yang berasal dari ilmu pengetahuan tradisional seperti membuat keju, yoghurt, tempe bahkan minuman beralkohol. Teknik fermentasi ini dapat dilakukan secara aman dengan menggunakan alat dan bahan yang mudah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Praktik hack sederhana pada peralatan – peralatan seperti penggunaan webcam untuk mikroskop digital, penggunaan amplifier untuk menangkap frekuensi dari lingkungan sekitar, dll.

Penentuan materi workshop akan ditentukan kemudian melalui kesepakatan bersama dengan partner penyelenggara dari acara ini.

Jadwal Kegiatan

Workshop, Presentasi dan Performans di Ruangrupa, Jakarta

Senin, 17 Maret 2014
Workshop Intro Bio-Elektronika (#WIB)

Sebuah workshop yang memperkenalkan penggunaan medium elektronik untuk mendeteksi, merespon dan berinteraksi dengan organisme kehidupan. Workshop ini akan mengajak para peserta untuk membuat dan merakit beberapa instrument elektronik sederhana. Instrumen ini akan bereaksi dengan menghasilkan suara atau cahaya tertentu terhadap sentuhan dan gerakan dari obyek atau pengguna instrument tersebut. Workshop terbuka untuk 10-15 orang peserta.

Selasa, 18 Maret 2014
Workshop Intensif Bio-Elektronika Banget (#WIBB) sesi 1 dan sesi 2

Workshop intensif adalah sebuah rangkaian workshop yang akan mengajak para peserta untuk belajar membangun sebuah skema elektronik untuk praktik biologi sederhana. Dalam beberapa sesi workshop ini, para peserta akan belajar dasar – dasar pengetahuan yang diperlukan bagi mereka untuk bereksperimen sendiri. Pengetahuan seperti membaca skematik, pengenalan komponen elektronik, pemahaman dasar elektronik dan biologis akan menjadi materi dalam rangkaian workshop ini. Pada akhir workshop, para peserta akan membangun sebuah rangkaian/system kreasi mereka sendiri. Workshop ini terbuka untuk umum bagi 5-8 orang dan para peserta diwajibkan untuk menghadiri semua sesi workshop.

Workshop Teknik Fermentasi (#WTF)

Workshop Teknik Fermentasi mengajak para peserta untuk memahami proses fermentasi dengan menggunakan peralatan yang mudah didapat di kehidupan sehari – hari. Workshop ini bertujuan untuk berbagi ilmu dalam praktik rekayasa biologis melalui ilmu pengetahuan tradisional. Dalam workshop ini para peserta akan belajar membuat fermentasi menggunakan buah – buahan lokal sehingga menciptakan fermentasi alkohol dengan cara yang sederhana. Workshop ini terbuka untuk umum bagi 10 – 15 orang.

Rabu, 19 Maret 2014
Workshop Intensif Bio-Elektronika Banget (#WIBB) – sesi 3

Sesi terakhir dalam workshop intensif bio-elektronika. Dalam sesi terakhir ini, para peserta belajar untuk membuat sirkuit dari rangkaian yang telah mereka buat.

Larry Bang – Bang Tattoo Show Performans

Sebuah performans dari Larry Bang - Bang yang secara langsung membuat tato sementara dengan teknik bor uniknya. Para peserta dapat meminta Larry untuk menato tubuh mereka dengan gambar yang diinginkan.

Kamis, 20 Maret 2014

Presentasi dan Demonstrasi di Tobucil, Bandung

Sebuah sesi presentasi mengenai aktivitas Hackteria dan Lifepatch. Presentasi ini diiringi dengan demonstrasi Bio-Elektronika praktis, mengupas praktik – praktik hacking sederhana yang dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi terjangkau. Demonstrasi ini juga menunjukan beberapa hack yang telah dilakukan oleh Hackteria dan Lifepatch.

Larry Bang – Bang Tattoo Show Performans

Performans kedua dari Larry Bang - Bang dengan skala yang lebih kecil.

Jumat, 21 Maret 2014
Presentasi & Diskusi Hackteria, Lifepatch dan HackteriaLab 2014 (#HLab14) di Jatiwangi art Factory

Sebuah sesi presentasi mengenai aktivitas Hackteria dan Lifepatch. Presentasi ini diiringi dengan demonstrasi Bio-Elektronika praktis, mengupas praktik – praktik hacking sederhana yang dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi terjangkau. Demonstrasi ini juga menunjukan beberapa hack yang telah dilakukan oleh Hackteria dan Lifepatch.

Sabtu, 22 Maret 2014
Workshop Fermentasi Wine dan Yoghurt di Gapoktan Wargi Mukti Leuwimunding

Workshop Teknik Fermentasi mengajak para peserta untuk memahami proses fermentasi dengan menggunakan peralatan yang mudah didapat di kehidupan sehari – hari. Workshop ini bertujuan untuk berbagi ilmu dalam praktik rekayasa biologis melalui ilmu pengetahuan tradisional. Dalam workshop ini para peserta akan belajar membuat fermentasi menggunakan buah – buahan lokal sehingga menciptakan fermentasi alkohol dengan cara yang sederhana. Workshop ini terbuka untuk umum bagi 10 – 15 orang.

Selasa, 1 April 2014
Presentasi & Diskusi Hackteria, Lifepatch dan HackteriaLab 2014 (#HLab14) di Institut Teknologi Surabaya

Sebuah presentasi mengenai aktivitas Hackteria dan Lifepatch yang disertai dengan demonstrasi MiCAM dan praktik bio-elektronika lainnnya. Sesi ini dilaksanakan di Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam , ITS Surabaya.

Rabu, 2 April 2014
Workshop Fermentasi Wine dan Bio-Elekronik bersama WAFT, Surabaya

Pada sesi di Surabaya, Workshop Bio-Elektronika dan Workshop Fermentasi sekaligus dilangsungkan.

Slide Presentasi

Peserta

Adapun para peserta dan pemberi materi workshop dalam rangkaian acara ini adalah:

Kontak

Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Referensi dan Pranala Luar