Pure Data Animal Audiovisual Rampage workshop

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Budi Prakosa memberikan arahan kepada peserta Pure Data Animal Audiovisual Rampage workshop

Workshop ini merupakan bagian dari Pd clash, sebuah rangkaian workshop penggunaan software Pure data yang dilaksanakan oleh lifepatch.

Deskripsi Kegiatan

Workshop ini merupakan sebuah workshop mengenai dasar-dasar bahasa pemrograman Pure Data (atau Pd) dalam penggunaannya di bidang audiovisual interaktif. Pd sendiri adalah sebuah software bahasa pemrograman visual untuk menciptakan musik interaktif dan karya multimedia berbasis komputer. Pd menawarkan interface yang ramah bagi pengguna, tanpa harus menulis kode pemrograman. Fitur ini memperbolehkan para pengguna dengan latar belakang non-programer untuk mempelajari operasi pemrograman dengan lebih mudah. Kegunaan dari Pd ini sendiri menawarkan penciptaan sistem interaksi antar media digital.

Dasar-dasar penggunaan Pd akan diberikan melalui praktek langsung dan latihan-latihan ringan yang dibimbing oleh beberapa anggota dari lifepatch dalam rangkaian acara Geekfest. Workshop berfokus pada pengenalan awal, kegunaan fitur-fitur dari Pd, operasi logika dan aritmatika dalam pemrograman, pengenalan komunikasi antar komputer, interaksi antar hardware digital yang pada akhirnya akan digabung dalam penggabungan processing audiovisual menggunakan klip video dan suara dari binatang liar.

Detail Acara

Workshop ini diadakan pada Geekfest di Bandung:

  • Hari/Tanggal: Minggu / 1 April 2012
  • Waktu: 14.00 - 16.00 WIB
  • Tempat: Main Stage Geekfest

Mengenai Pure data

Pure data (Pd) adalah sebuah software pemrograman grafis real-time untuk audio, video, dan pemrosesan grafis. Karena semua jenis media ini ditangani sebagai data dalam program, terdapat banyak peluang menarik untuk cross-sintesis antara media tersebut. Suara dapat digunakan untuk memanipulasi video, yang dapat kemudian di-streaming melalui internet ke komputer lain yang mungkin menganalisis video itu dan menggunakannya untuk mengendalikan instalasi yang digerakan secara motorik. Pd umumnya digunakan untuk pertunjukan musik live, VeeJaying, komposisi efek suara, interfacing dengan sensor, kamera dan robot atau bahkan berinteraksi dengan website.

Intisari dari Pd ditulis dan dikembangkan oleh Miller S. Puckette dan mencakup hasil karya dari banyak pengembang, menjadikan keseluruhan paket ini sebuah upaya bersama komunitas dari seluruh pengguna Pd di dunia.

Komunitas pengguna dan programer Pd telah menciptakan fungsi tambahan (disebut "eksternal" atau "library eksternal") yang digunakan untuk berbagai tujuan lain, seperti pemrosesan video, pemutaran dan streaming MP3 atau video Quicktime, manipulasi dan menampilkan benda 3 dimensi dan pemodelan obyek fisik virtual.

Pd beroperasi di Linux, Windows dan Mac OS X, dan terdapat berbagai library eksternal untuk memberikan fitur tambahan pada Pd.

Dokumentasi

Dokumentasi visual aktifitas lifepatch di Geekfest 2012 dapat dilihat di Family Album Geekfest 2012. Dokumentasi terpilih dari acara workshop ini:


Referensi dan Link Eksternal

blog comments powered by Disqus