Residensi Seniman dan Workshop di RRRECFEST IN THE VALLEY 2015

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Poster Publikasi RRRECFEST IN THE VALLEY 2015

Sebuah program seniman residensi dan workshop yang diselanggarakan oleh ruangrupa. Program ini merupakan bagian dari RRREC Fest in The Valley 2015. Seluruh informasi di laman ini disadur dari situs resmi RRRECFEST.

RRREC FEST IN THE VALLEY 2015

RRREC Fest in The Valley kembali diadakan di Tanakita Camping Ground, Situgunung, Sukabumi; yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango. Festival ini bertujuan untuk menjadi sarana liburan akhir pekan yang menyenangkan dan berkesan, juga untuk menjadi platform bagi terciptanya titik pertemuan bagi penikmat festival musik, musisi, seniman, warga kota, serta publik dari lintas disiplin dan lintas generasi; dalam suasana intim, hangat, santai, dan alami. Kami percaya bahwa ide-ide segar dan inovatif kerap bermula dari suasana kumpul bersama dan perbincangan informal yang rileks, spontan, dan penuh suka cita. Festival ini hadir untuk memediasi kebutuhan pertemuan tersebut.

Untuk itu kami merancang beragam program yang dapat dinikmati bersama serta bisa menjadi sarana forum guna saling berbagi. Selain program musik, akan dihadirkan beberapa program workshop, residensi seniman, diskusi, pemutaran film, dan pameran seni rupa. Semua program acara tahun ini terkurasi secara berkualitas oleh hasil kolaborasi the dynamic duos: Pasangan Baru dan The Secret Agents.

Pada penyelenggaraan RRREC Fest in The Valley tahun ini, secara khusus kami bekerjasama dengan Ensemble Asia/Asian Music Network; sebuah proyek musik yang bertujuan untuk menjalin kerja jejaring di antara musisi independen lintas genre di Asia dan terutama berkeinginan melakukan kolaborasi kerja serta mengembangkan ide-ide baru yang kontekstual dengan situasi di negara masing-masing.

Deskripsi Program

Publikasi Program Seniman Residensi dan Workshop RRRECFEST IN THE VALLEY 2015

Pada 2015 ini, RRREC Fest in The Valley menghadirkan kegiatan yang berupaya untuk mengintegrasikan seni dan ilmu pengetahuan alam secara komprehensif melalui Program Residensi Seniman. Program ini akan memberikan kesempatan bagi seniman untuk melakukan penelitian, kolaborasi, presentasi dan juga produksi dengan menggunakan sumber daya di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Lifepatch dari Yogyakarta dan dua seniman muda Jakarta: Hasrul dan Rofi akan diajak untuk membuka kemungkinan-kemungkinan baru atas praktik seni dan budaya yang dilakukan bersama masyarakat. Lifepatch, seringkali bekerja dengan metode biohacking menggunakan mikro bakteri untuk menghasilkan tampilan visual maupun bunyi-bunyian dan juga memanfaatkan sumber daya alam menjadi bahan pangan yang mudah dibuat. Sementara itu kedua seniman muda Jakarta hadir dengan spesialisasi mereka masing-masing dalam bidang, desain, multimedia, serta performans. Melalui perpaduan seniman-seniman ini diharapkan dapat terjadi transfer pengetahuan dan informasi, yang berguna bagi mereka dan masyarakat.

Pada akhir program ini, seluruh seniman akan diminta untuk membuat sebuah laboratorium terbuka, yang menampilkan hasil kerja residensi serta dokumentasi yang menyertainya. Seluruh pengunjung dan juga masyarakat akan diundang untuk melihat, mengakses, dan mengeksplorasi berbagai hal yang ada di sana.

Detail Program

Program seniman residensi dan workshop berlangsung pada:

  • Tanggal: 15-25 September 2015
  • Lokasi: Tanakita camping ground, Sukabumi

Presentasi akhir dari program ini berlangsung pada:

  • Tanggal: 26-27 September 2015
  • Lokasi: Villa Merah, Tanakita Camping Ground, Sukabumi

Peserta

Peserta dalam program ini antara lain adalah:

  • Lifepatch (Yk),
  • Moch. Hasrul Indrabakti (Jkt),
  • Muhammad Fatchurofi (Jkt)

Program ini diselenggarakan melalui kerjasama dengan Ford Foundation.

Partisipasi Lifepatch di program residensi seniman RRRecfest in The Valley 2015

Partisipasi Lifepatch di program residensi seniman ini diwakili oleh Agus Tri Budiarto, Andreas Siagian, Budi Prakosa, dan Dholy Husada. Dalam durasi residensi selama kurang lebih seminggu, Lifepatch berfokus dalam aktivitas workshop bagi para penduduk di Desa Pesanggrahan, Situ Gunung, Sukabumi.

Dokumentasi

Foto

Berikut dokumentasi terpilih dari partisipasi Lifepatch di program seniman residensi RRRecfest in The Valley 2015:

Video

Berikut video dokumentasi RRRecFest in The Valley 2015 oleh Rolling Stones Indonesia

Referensi dan Pranala Luar