Sesi Menonton Bersama Dokumenter Jepang

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Poster menonton the wages of resistance
Spanduk protes bandara Narita

Seeing and Sharing Group!

Japanese Documentary The Wages of Resistance (2014)

Deskripsi singkat kegiatan ini

Selama tahun 60an dan 70an, di Jepang sebuah gerakan sosial, Perjuangan Sanrizuka, terjadi untuk menolak pembangunan Bandara Internasional Narita, yang sekarang menjadi salah satu bandara terbesar di dekat Tokyo. Pada tahun 1966, pemerintah Jepang mencoba memulai pembangunannya tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada penduduk setempat. Ini berarti, sikap paksa membuat mereka marah dan menyebabkan Sanrizuka-Shibayama Union untuk Menentang Bandara. Serikat pekerja terdiri dari tidak hanya petani lokal tapi juga aktivis mahasiswa dan partai sosialis sayap kiri. Selain baik muda maupun tua yang aktif bergabung dengan serikat pekerja dan menemukan strategi asli seperti bom excreta (kotoran dan air kencing), jaringan radio DIY setempat, dll.

Meskipun gerakan ini terorganisasi dengan baik dengan kolaborasi yang baik antara komunitas lokal dan aktivis urban telah dibangun, akan tetapi bandara tetap dibuka pada tahun 1978. Gerakan tersebut dinilai tidak berhasil. Namun sekarang gerakan pertahanan ini hampir hilang.

Film ini disutradarai oleh dua sutradara, dan salah satu dari mereka menembaki dokumenter lain tentang gerakan sosial yang sama di tahun 60an. "

Film yang baru-baru ini diproduksi ini merefleksikan gerakan tersebut dengan mewawancarai peserta gerakan pada saat itu. Dengan mewawancarai mereka, film ini menyoroti bagaimana mereka hidup dan bertahan melawan / dengan bandara sekarang.

Bagaimanakah kita bisa menggunakan pengalaman dalam gerakan sosial di negara dan wilayah yang berbeda? Bisakah kita berbagi sesuatu atau tidak?

Dalam sesi diskusi dan sharing, kami akan mengundang tamu spesial, Aki (VS? Collective), yang merupakan salah satu staff film! Selain itu, kami juga menyediakan penerjemah bahasa Indonesia dan Jepang juga!

Detail Acara

Acara ini akan berlangsung pada

  • Hari/Tanggal: Jum'at, 17 November 2017
  • Waktu: 7.30 - selesai
  • Tempat: Rumah Lifepatch
  • Alamat: Jl. Dr. Sutomo No.969, Bausasran, Danurejan, Yogyakarta 55212 (belakang Hotel Museum Batik)
protes bandara Narita

Film dokumenter ini mempunyai terjemahan dalam bahasa inggris. Diskusi dan Berbagi (tamu spesial akan bergabung melalui SNS!)

Acara ini diselenggarakan oleh Yoshi (VS? Collective), seorang peneliti film Jepang, dan Kentaro Yokouchi, seniman Jepang yang berbasis di Jogja dan penyelenggara Artist Support Project.

Dokumentasi Acara