Solder Synth Sense Sore Sore Sip

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Poster publikasi acara Solder Synth Sense Sore Sore Sip

Solder Synth Sense Sore Sore Sip merupakan sebuah acara workshop merangkai elektronik yang diselenggarakan oleh Lifepatch.

Deskripsi Acara

Sebuah acara workshop dari Lifepatch yang diperuntukkan bagi pembelajaran dan pengenalan awal terhadap praktik elektronika. Dalam workshop ini, para peserta akan belajar untuk membaca skematik, pengenalan terhadap komponen elektronik dan merangkai sebuah instrumen elektronika sederhana. Dalam worskhop ini, peserta akan belajar dengan merakit "Synth Sense", sebuah modul sensor kelembaban elektronik sederhana yang diproduksi oleh Lifepatch.

Detail Acara

SSSSSS01-07.jpeg

Adapun acara ini berlangsung pada:

  • Hari/Tanggal: Minggu, 2 Februari 2014
  • Jam: 15.00 WIB
  • Tempat: Rumah Lifepatch
  • Alamat: Jalan Bugisan Selatan Gumuk Indah, RT 13, RW 36, Yogyakarta
  • Kontak: uc (08175471005)
  • Persyaratan: Peserta workshop dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000,- untuk pengganti biaya komponen
  • Pendaftaran: Silahkan isi formulir dibawah atau di tautan luar disini

Peserta terbatas dan melalui pendaftaran. Lifepatch memberikan kesempatan gratis bagi 2 orang yang sedang tidak mempunyai dana cukup untuk mengikuti workshop, namun sangat ingin belajar dan mengikuti workshop.

Synth Sense

Rangkaian Synth Sense yang digunakan oleh Lifepatch dalam sebuah pameran

Synth Sense adalah nama dari sebuah modul elektronik sederhana dari Lifepatch, yang dapat digunakan untuk mendeteksi kadar air suatu material.

Synth Sense

Synth Sense adalah sebuah modul elektronik sensor pendeteksi kelembaban yang diproduksi oleh Lifepatch. Modul elektronik ini menggunakan aplikasi elektronik sederhana yang dapat menghasilkan suara dengan frekuensi berbeda-beda, tergantung dari kelembaban suatu material yang diamati. Synth Sense juga bereaksi terhadap kadar air yang terdapat di permukaan kulit manusia, sehingga dapat digunakan juga sebagai sensor sentuhan. Rangkaian Synth Sense sangat sederhana dan sangat cocok bagi pembelajaran awal dalam praktik elektronika.

Moist Sense

Rangkaian Synth Sense pertama kali dikembangkan oleh Lifepatch dalam Instalasi Moist Sense. Instalasi ini mengangkat topik Urban Farming dan telah ditampilkan dalam pameran bersama di beberapa kota. Dalam Instalasi Moist Sense, rangkaian Synth Sense berfungsi untuk menghasilkan variasi komposisi suara berdasarkan kadar air dari tanah dimana tumbuhan berada. Lebih lengkapnya mengenai Instalasi Moist Sense dapat dilihat disini.

Dokumentasi

Dokumentasi Acara

Berikut dokumentasi terpilih dari acara ini:

Referensi dan Pranala Luar