Squaresynth - DIY Electronic Workshop

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search

Sebuah workshop untuk belajar elektronik dengan membangun synthesizer sendiri. Workshop ini diselenggarakan oleh Makers' Block Singapura.

Deskripsi Acara

Sebuah workshop elektronik yang mengajarkan para peserta mengenai dasar-dasar elektronik dengan membangun synthesizer mereka sendiri. Workshop ini menggunakan modul Squaresynth yang dikembangkan oleh Lifepatch. Workshop ini diselenggarakan melalui kerjasama dengan Makers' Block Singapura.

Detail Acara

Acara ini akan diselenggarakan pada:

Workhop terbatas untuk 10 orang karena fasilitas. Peserta dikenakan biaya 30 SGD untuk pengganti biaya komponen.

Squaresynth

Layout sirkuit Squaresynth

Squaresynth adalah sebuah modul workshop elektronik dari Lifepatch.

Deskripsi Modul

Squaresynth adalah sebuah modul workshop yang dikembangkan oleh Lifepatch untuk pengenalan dasar-dasar praktik elektronik. Squaresynth menggunakan skematika Dual Oscillator dua langkah yang dapat dikembangkan dengan interaksi melalui sensor-sensor sederhana. Modul ini memberikan fleksibilitas kepada para peserta workshop untuk membangun sirkuit elektronik mereka sendiri. Fleksibilitas yang ditawarkan berupa pemilihan frekuensi suara, interaksi menggunakan knob, sensor cahaya, sensor kelembaban bahkan sensor biologis. Modul ini kali pertama dirancang oleh Andreas Siagian pada tahun 2014.

Skematika

Squaresynth schematic.png

Squaresynth menggunakan IC 4093 sebagai oscillator untuk menghasilkan suara. IC 4093 dipilih karena sangat mudah didapat di toko elektronik terdekat dan harganya terjangkau. IC 4093 digunakan dalam Squaresynth untuk menghasilkan sepasang oscillator dua langkah yang kemudian hasil suaranya tergabung dalam output Squaresynth. Modul ini dirancang agar dapat dikembangkan dan dimodifikasi untuk membantu para peserta dalam mempelajari dasar-dasar elektronik.

Unduhan

Berikut beberapa unduhan file yang dapat digunakan untuk kepentingan pribadi, non-komersil:

Komponen Elektronik

Berikut komponen elektronik yang digunakan Squaresynth:

  • 1 Squaresynth PCB
  • 1 CD4093
  • 1 9V battery socket
  • 1 Potentiometer (100K)
  • 2 Resistor (100R)
  • 2 Fast Switching Diode 1N914
  • 4 Kapasitor dengan nilai antara 100nF - 1uF
  • 1 3.5 mm audio socket
  • 1 LDR
  • 2 aligator clip
  • 2 LED
  • kabel

Contoh Squaresynth

Berikut dibawah ini beberapa variasi Squaresynth.

Squaresynth dengan Sensor Kelembaban Tanah

Squaresynth dengan Sensor Cahaya

Squaresynth dengan Sensor Biologis

Workshop

Berikut beberapa dokumentasi workshop Squaresynth yang pernah dilakukan:

Squaresynth workshop di Melvine High, Kempsey Australia 2014

Dokumentasi dari workshop yang dilakukan Andreas Siagian sebagai bagian dari residensi pribadinya bersama D-Lux Media Arts, Australia. Dalam kesempatan ini Andreas memberikan workshop Squaresynth pada beberapa murid Melvine High, sebuah sekolah menengah atas di Kempsey Australia.

Squaresynth workshop di Macleay Vocational School, Kempsey Australia 2014

Dokumentasi acara workshop yang berlangsung di sebuah sekolah teknik di Kempsey, Australia. Workshop ini merupakan bagian dari residensi pribadi Andreas Siagian bersama D-Lux Media Arts, Australia.

Squaresynth workshop di TAFE, Kempsey, Australia

Dokumentasi acara workshop yang berlangsung di TAFE, sebuah universitas di Kempsey, Australia. Workshop ini merupakan lanjutan dari program dLab, D-Lux Media Arts, Australia.

Squaresynth workshop di Collaboratorium, University of Technology Sydney 2014

Dokumentasi acara workshop dalam program Collaboratorium di Universitas Technology Sydney. Workshop diikuti oleh beberapa seniman yang tergabung dalam program ini.

Squaresynth workshop di Simplifi3D, Singapura 2014

Dokumentasi acara workshop yang dilakukan oleh Budi Prakosa dan Andreas Siagian di Simplifi3D Singapura. Workshop ini berlangsung pada tanggal 5 Agustus 2014 dan diselenggarakan oleh Simplifi3D Singapura.

Workshop Squaresynth di Maker Villa, Penang, Malaysia 2014

Workshop ini merupakan bagian dari acara Maker Villa yang berlangsung pada 20-22 Agustus 2014 di Penang, Malaysia. Workshop ini berlangsung di Penang Science Cluster dan diselenggarakan oleh Hyperflow Singapura.

Workshop Squaresynth di Age of Wonderland, Dutch Design Week 2014, Eindhoven Belanda

Andreas Siagian memberikan dua sesi workshop Squaresynth dalam partisipasinya di Age of Wonderland, sebuah program utama dalam inovasi sosial di Dutch Design Week 2014, Eindhoven, Belanda. Berikut dokumentasi terpilih workshop tersebut.

IBP: Squaresynth - DIY Electronic Workshop di Medialab Melbourne, Australia 2014

Modul Squaresynth digunakan sebagai materi workshop membuat instrumen sebagai bagian dari program publik The Instrument Builders Project. Workshop ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Media Lab Melbourne dan National Gallery of Victoria. Dokumentasi terpilih dari acara tersebut dapat dilihat dibawah ini.

Workshop Squaresynth di Electrowork 5.0 - 2014, Surabaya

Sebuah workshop yang menjadi bagian dari Electrowork 5.0 - Surabaya, 2014 yang diselenggarakan oleh WAFT. Workshop ini menggunakan modul kit Squaresynth dari Lifepatch.

Workshop Squaresynth oleh Justyna Ausareny di Helios Makerspace, Montreal Kanada, 2015

Sebuah workshop merangkai instrumen bunyi yang diselenggarakan oleh Helios Makerspace dipandu oleh Justyna Ausareny.

Workshop Squaresynth dalam Sistem Kebut Sekolah, Jogja Biennale 2015

Modul Squaresynth menjadi salah satu modul dalam rangkaian workshop yang diselenggarakan oleh Lifepatch dalam Jogja Biennale 2015.

Sirkuit Gambar

Sirkuit gambar dibawah ini adalah hasil pengembangan sirkuit dengan metode gambar tangan atau modifikasi grafis berdasarkan skematika Squaresynth.

Sirkuit Squaresynth Gambar Tangan

Selama berada di Belanda, Andreas Siagian melakukan sebuah workshop untuk membuat sirkuit hasil gambar tangan dari para peserta workshop. Peserta belajar membuat PCB (Printed Circuit Board) melalui skematik modul Squaresynth. Peserta belajar mendesain sirkuit dengan menggunakan ukuran komponen yang digunakan yang kemudian akan digunakan sebagai desain sirkuit. Berikut beberapa hasil sirkuit gambar yang dihasilkan.

Sirkuit Squaresynth Modifikasi Grafis

Berikut dibawah ini adalah sirkuit Squaresynth yang dimodifikasi grafis oleh Justyna Ausareny pada bulan Juni 2015.

Video demo Sirkuit PCB

Hasil Workshop

Dalam beberapa workshop Squaresynth, para peserta didorong untuk merangkai Squaresynth ke sebuah kotak baik buatan sendiri maupun kotak bekas. Berikut beberapa hasil workshop yang dibuat oleh peserta.

Instalasi

Dalam sebuah pameran berjudul dLab Retrospective, kompilasi hasil workshop pembuatan Squaresynth ditampilkan sebagai sebuah instalasi di Wagga Wagga City Gallery. Andreas Siagian melakukan sebuah performans menunjukan sejumlah instrumen Squaresynth dalam instalasi yang ditampilkan dalam video dibawah ini.
Dokumentasi terpilih dari instalasi tersebut dapat dilihat dibawah ini.

Performans

Pengembangan Squaresynth

Chinmay Pendharkar dari Singapura menggunakan modul Squaresynth dalam beberapa workshop yang dia berikan. Dia juga mengembangkan sebuah pemrograman berbasis web untuk simulasi Squaresynth. Pemrograman tersebut dapat dilihat di tautan luar berikut ini.

Chinmay Pendharkar menggunakan modul Squaresynth untuk workshop bernama Friday Hacks #82: Get Started with Electronics! di Singapura. Workshop ini diselenggarakan oleh NUS Hackers, Singapura.

Referensi dan Pranala Luar

Referensi dan Pranala Luar