Transmediale

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
logo transmediale

transmediale (TM) adalah festival tahunan seni dan kebudayaan digital, yang diadakan di Berlin, Jerman. Festival ini berasal sebagai festival video dan film untuk seni kontemporer yang dimulai pada tahun 1988. Sejak 2008, transmediale dipimpin oleh Stephen Kovats. Direktur terdahulunya adalah Micky Kwella (1988-2000) dan Andreas Broeckmann (2001-2007) yang memperkenalkan perhatian khusus dalam piranti lunak (software) dan mengembalikan kekembali seni festival-mendirikan sebagai kontributor penting bagi seni Eropa.

transmediale merupakan proyek dari Kulturprojekte Berlin GmbH, bekerjasama dengan House of World Cultures dan didanai oleh (German Federal Cultural Foundation (Yayasan Budaya Federal Jerman).

Sejarah

Siegfried Zielinski dalam panel "Atemporality -? A Cultural Speed Control?", konferensi transmediale.10 Future Observatory

transmediale didirikan pada tahun 1988 sebagai festival video dan film untuk seni kontemporer, sebuah proyek sampingan dari Berlinale Berlin 'International Forum of New Cinema'. Micky Kwella, salah satu pendiri dan direktur artistik transmediale bermaksud untuk menawarkan sebuah platform untuk produksi media elektronik namun tawaran tersebut ditolak di festival film tradisional seperti Berlinale.

Dalam 20 tahun berikutnya, festival ini terus berevolusi. Pada 1997/98 itu berubah nama dari 'VideoFest' menjadi 'transmediale' dalam rangka untuk mencerminkan program festival yang berkembang dan merangkup spektrum yang luas dari bentuk seni berbasis multimedia. Pada tahun 1999 club transmediale (CTM) didirikan. Dengan fokus utama pada musik elektronik dan club culture. CTM yang diselenggarakan oleh sebuah tim kuratorial dan finansial independen.

Menyusul dengan ditunjuknya Dr. Andreas Broeckmann sebagai Direktur Artistik baru pada tahun 2001, transmediale direstrukturisasi. Dia memimpin relokasi festival ke House of World Cultures dan meningkatkan program-program terkemuka agar lebih diperkaya untuk meningkatkan jumlah pengunjung festival. Pada transmediale.02, untuk pertama kalinya, sebuah pameran yang luas dipresentasikan kepada penonton, yang memungkinkan peserta untuk mengapatkan pengalaman seni media baru secara spasial. Pada tahun 2004, 'Kulturstiftung des Bundes' memutuskan untuk mendanai transmediale (bersama documenta dan Biennale Berlin diantara lainnya) sebagai mercusuar untuk budaya kontemporer. Pada tahun 2006, subjudul festival berubah dari 'international media art festival' menjadi 'festival untuk seni dan kebudayaan digital', membuat festival untuk tidak hanya terbuka bagi seni media baru semata, tetapi juga untuk proyek-proyek di mana seni, teknologi dan era digital memenuhi kehidupan sehari-hari.

Stephen Kovats diangkat sebagai Direktur Artistik pada tahun 2007. Dalam rangka merefleksikan meningkatnya jumlah karya teoritis dan kritis diajukan untuk kompetisi, transmediale Award diperluas untuk mencakup Vilém Flusser Theory Award. Pada tahun 2008, transmediale parcours diluncurkan dalam rangka untuk mencerminkan penelitian, serta latar belakang artistik dan kritis di belakang setiap tema festival.

Informasi

Sebuah karya dari Žilvinas Kempinas berjudul "White Noise", ditampilkan dalam pameran transmediale.10 FUTURE OBSCURA

transmediale mempersembahkan dan mengejar kemajuan posisi artistik yang terefleksikan pada dampak sosial-budaya, politik dan kreatif dari teknologi baru, praktek-praktek network dan inovasi di bidang digital. Sebagai sebuah festival yang bertujuan untuk menentukan kontur budaya digital kontemporer, transmediale berusaha mencari praktek-praktek artistik yang tidak hanya merespon perkembangan ilmiah atau teknis, tetapi yang membentuk cara kita berpikir tentang dan pengalaman teknologi yang secara virtual mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan kita sehari-hari. Dengan demikian, transmediale memahami media teknologi sebagai teknik budaya dan estetika yang perlu dianut untuk memahami, mengkritik, dan membentuk masyarakat global.

Festival

sebuah program workshop di transmediale.10
"Elektrolab" oleh Rachida Ziani & Dewi de Vree, bagian dari transmediale.10 performance programme

transmediale biasanya diselenggarakan di bulan-bulan awal (Januari-Februari) dan memiliki tema tertentu tiap tahunnya. Melalui tema tahunan ini, para peserta terlibat dengan khalayak internasional dan meneliti perkembangan global dalam media digital, kesenian dan teknologi. Program dalam transmediale antara lain adalah:

The competition

Sebuah kompetisi untuk memperebutkan "transmediale Awards" yang merupakan salah satu highlight dalam festival ini. Dengan rata-rata 1.000 pengajuan karya berasal lebih dari 50 negara, kompetisi ini menunjukkan signifikansi peningkatan internasional dari transmediale. Setiap tahun, dua penghargaan diberikan, "transmediale Awards" untuk karya artistik yang istimewa dan "Vilém Flusser Theory Award" untuk teori terbaik atau penelitian berbasis praktik seni media baru.

The exhibition

Sebuah pameran bekerja bersama para arsitek untuk mempresentasikan karya-karya seniman terkenal yang telah terseleksi, serta pemilihan pengajuan karya untuk "transmediale Awards", dalam ruang budaya yang unik. Setiap tahun kedua, pameran ini dijalankan melalui proses kurotorial eksternal dan ditampilkan dalam waktu lama empat sampai enam minggu.

The conferences and workshops

Sebuah rangkaian konferensi dan workshop yang menyajikan serangkaian wacana ilmiah dan budaya sesuai dengan masing-masing tema festival. Dalam beberapa tahun terakhir, pembicara seperti Diedrich Diedrichsen, Wulf Herzogenrath, Humberto Maturana, Antonio Negri, Stelarc, Einar Thorsteinn atau Peter Weibel telah menjadi keynote (pembicara kunci) dalam konferensi ini.

The film and video programme

Program film dan video yang mencakup spektrum kontemporer luas akan fitur film, karya video artistik pendek dan program khusus, yang seluruhnya disajikan di layar lebar. 'transmediale video selection' merupakan kompilasi dari pemutaran terbaik, dan ditampilkan semua di seluruh dunia setiap tahunnya.

The performance programme

Sebuah program yang mempersembahkan proyek kesenian lintas disiplin dalam bidang instalasi, suara, pertunjukan dan video di atas panggung, menampilkan pencarian bentuk baru akan ekspresi antara genre kesenian.

The transmediale parcours

The transmediale parcours merupakan judul publikasi yang terbaru dalam sejumlah publikasi transmediale yang telah membentuk diri selama 20 tahun terakhir sebagai panduan untuk digital kontemporer, media dan seni berbasis teknologi dan budaya. Berkembang dari tradisi ini, transmediale parcours diluncurkan pada tahun 2008 untuk mencerminkan pada penelitian serta latar belakang artistik dan kritis di belakang setiap tema festival.

club transmediale

Seiring dan sejalan dengan Transmediale, diselenggarakan juga sebuah festival tahunan bernama DISK/CTM Club Transmediale. Festival ini berfokus pada musik dan seni visual yang juga diselenggarakan di Berlin, Jerman. Club Transmediale didirikan pada tahun 1999, festival awalnya berfokus pada musik elektronik, tetapi telah berkembang merangkup berbagai genre yang lebih luas dengan slogan "festival for adventurous music and related visual arts".

Referensi dan Link Eksternal