WYST 2: Out Hear

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Poster Publikasi WYST 2: Out Hear

WYST 2 adalah sebuah rangkaian workshop dan presentasi dalam bentuk pertunjukan yang menampilkan hasil kerja pribadi Dale Gorfinkel serta kolaborasi dirinya dengan seniman dan musisi lokal Indonesia. WYST sendiri merupakan sebuah program inisiatif dari Teater Garasi. Edisi ke dua ini diselenggarakan oleh Teater Garasi bekerja sama dengan Pintukecillab dan lifepatch.

What's Your Story Of Today (WYST)

Dale Gorfinkel dan instrumen bunyi ciptaannya

WYST (What's Your Story Of Today) adalah proyek laboratorium kesenian yang berfokus pada media suara atau bentuk-bentuk lain yang berkaitan dengan suara. Laboratorium ini memfasilitasi berbagai percobaan di mana seseorang seniman dapat melakukan penjelajahan yang lebih jauh dari apa yang selama ini biasa dilakukan.

Deskripsi Acara

Adalah sebuah presentasi/pertunjukan untuk umum yang dihasilkan dari dua hari workshop yang diselenggarakan di Teater Garasi/Garasi Performance Institute. Pertunjukan ini adalah sebuah upaya menyusun komposisi dengan cara improvisasi yang juga menekankan interaksi sebagai salah satu unsur penting di dalamnya. Interaksi dalam hal ini adalah bagaimana berinteraksi dengan alam sekitar dan dengan penampil yang lain. Interaksi adalah sebuah permainan tarik ulur di mana seseorang dapat menjadi penggagas bunyi, menggambil respon atas bunyi atau bahkan hanya diam. Dinamika komposisi dikembangkan dengan mengambil prinsip akustik dari alam, di mana sumber suara muncul dari mana saja baik secara acak maupun terstruktur (order dan disorder), seperti kerumunan atau fenomena-fenomena suara yang lain di kehidupan sehari-hari.

Sumber bebunyian dikembangkan dari beberapa benda yang familiar atau akrab dengan kehidupan sehari-hari. Pembuatan dan modifikasi instrument mengarah tidak hanya pada suara yang dihasilkan, tetapi juga pada ide yang melatarinya. Pertunjukan ini juga menampilkan beberapa instalasi suara oleh Dale Gorfinkel.

Detail Acara

Proses workshop WYST 2 berlangsung di Selasar Teater Garasi

Adapun acara WYST 2 terbagi menjadi 2 bagian yaitu workshop dan presentasi. Dalam acara worksop, Dale akan bekerja sama dengan para peserta untuk menciptakan sebuah pertunjukan. Hasil workshop kemudian ditampilkan pada sesi presentasi di hari terakhir acara ini.

Workshop

Workshop berlangsung pada:

  • Tanggal: 9 dan 10 Juli 2015
  • Waktu: 15.00 - 20.00 WIB
  • Tempat: Selasar Teater Garasi

Acara hanya diperuntukkan bagi para peserta yang sudah terlebih dahulu dipilih oleh Dale Gorfinkel dan Yennu Ariendra.

Presentasi

Presentasi menampilkan hasil dari proses workshop dalam bentuk pertunjukan serta presentasi dari Dale Gorfinkel mengenai proses kerjanya selama berada di Indonesia pada tahun 2015. Presentasi ini berlangsung pada:

  • Tanggal: 11 Juli 2015
  • Waktu: 20.30 - 22.00 WIB
  • Tempat: Selasar Teater Garasi

Acara ini bersifat gratis dan terbuka untuk umum.

Dale Gorfinkel

Dale Gorfinkel

Biografi

Dale Gorfinkel adalah seorang musisi dan seniman lintas disipilin dari Melbourne, Australia. Dirinya suka membuat patung bunyi dan instrumen bunyi seperti trompet yang dimodifikasi dan patung kinetik. Dia tertarik bekerja dengan bermacam komunitas kreatif terutama dibidang musik, tari dan seni. Dirinya pertama kali ke Yogyakarta pada tahun 2014 untuk Instrument Builders Project bersama seniman Australia dan Indonesia. Dia suka lotek (dan makanan Indonesia lain) jadi dia membuat sebuah patung bernama Lotek Exercise Machine (mesin berolahraga). Dia bisa bermain banyak instrumen seperti drumset, saxofon, dan harpa afrikan. Pada saat ini dia sedang bermain dengan grup pertunjukan bernama Sounds Like Movement, band bertopeng Prophets (www.prophetsband.com), dan sebuah komunitas musik pencari suaka dari segala penjuru dunia.

Aktifitas di Indonesia

Dale Gorfinkel beraktivitas pertama kali di Indonesia dalam iterasi kedua The Instrument Builders Project yang berlangsung di iCAN Yogyakarta pada 2014. Pada saat itu, dia menjadi salah satu dari empat seniman Australia yang berkolaborasi dengan empat seniman Indonesia. Dalam iterasi ketiga The Instrument Builders Project yang berlangsung di National Gallery of Victoria, Melbourne 2014, Dale berkolaborasi dengan Michael Candy dan Wukir Suryadi untuk menciptakan Bird Organ dan juga berkolaborasi dengan Andreas Siagian, salah satu anggota Lifepatch untuk menciptakan sebuah instrumen yang kemudian diberi nama Nadalaut: As Above So Bellow.

Pada tahun 2015, Dale melakukan sebuah residensi atas inisiatifnya sendiri di Indonesia bersama Lifepatch. Dalam kesempatan tersebut dia terlibat dalam proyek Pengolah Sinyal yang diinisiasi oleh Lintang Radittya yang juga merupakan salah satu peserta dalam The Instrument Builders Project iterasi pertama dan kedua. Bersama lifepatch, Dale Gorfinkel turut serta dalam program Open Lab bagian dari Orde Baru, OK. Video - Indonesia Media Arts Festival 2015 yang diselenggarakan oleh ruangrupa. Dale Gorfinkel juga memberikan sebuah workshop bersama seniman dan musisi Indonesia untuk menciptakan sebuah pertunjukan bunyi sebagai salah satu bentuk presentasi dirinya dalam berproses di Indonesia dalam kurun waktu April - Juli 2015. Dalam kesempatan ini, dia juga menampilkan beberapa instalasi untuk menunjukan perkembangan yang dia kerjakan selama di Indonesia. Acara workshop dan presentasi tersebut berjudul (What's Your Story Today) WYST 2: Out Hear yang diselenggarakan oleh Teater Garasi/Garasi Performance Institute dan bekerja sama dengan lifepatch.

Referensi dan Pranala Luar

Peserta Workshop

Foto bersama seluruh peserta WYST#02: Out Hear

Experiment lab bersama Dale Gorfinkel yang berlaku sebagai fasilitator pada kali ini juga melibatkan beberapa seniman lokal antara lain (dalam urutan abjad):

Hosted & Curated oleh Yennu Ariendra

Dokumentasi

Dokumentasi Foto

Berikut dokumentasi foto dari acara WYST 2: Out Hear

Dokumentasi Suara

Berikut rekaman suara yang direkam secara langsung dalam pertunjukan.

Referensi dan Pranala Luar