Workshop Pemrograman TropisSubsonics

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Workshop pemrograman TROPIS///SUBSONICS
Robin Fox memberikan penjelasan mengenai karyanya kepada peserta workshop
Robin Fox memperagakan visualisasi laser interaktif
Sesi workshop Pd basic for multimedia dari lifepatch
Pendekatan Budi Prakosa dalam memandu peserta di sesi workshop

Sebuah kegiatan workshop pemrograman yang diselenggarakan oleh TROPIS///SUBSONICS.

Deskripsi Workshop

Workshop Pemrograman TROPIS///SUBSONICS adalah sebuah program workshop mengenai penggunaan bahasa pemrograman visual di bidang kesenian multimedia. Workshop ini menjadi salah satu program kegiatan TROPIS///SUBSONICS yang mengadakan suatu program kerjasama antara seniman Australia dan Indonesia yang berlokasi di Yogyakarta. Workshop ini diadakan tanggal 4 Februari 2011 mempunyai dua buah sesi workshop ntara lain Workshop Lasers & Sound Oscillators using Max/MSP dan Workshop Pd Basic for Multimedia. Workshop ini bersifat gratis dan hanya terbuka untuk 10 orang peserta melalui pendaftaran. Para peserta mendapatkan modul dan installer yang telah disiapkan dan juga beberapa patch dasar Pd yang disiapkan oleh lifepatch untuk memandu pembelajaran para peserta.

Workshop Laser & Sound Oscillators using Max/MSP

Sesi pertama dibuka dengan workshop dari Robin Fox yang memaparkan dan memperagakan bagaimana teknik untuk merubah suara menjadi gambar dengan menggunakan software Max/MSP. Siapapun yang memiliki akses ke komputer dan Max/MSP bisa mengikuti workshop ini, tapi meskipun tidak memilikinya Anda dapat belajar bagaimana system ini bekerja. Beberapa langkah demi langkah program dasar audio dan program visual akan membawa hasil yang sederhana namun interaktif dan efektif.

Robin mengawali sesi ini dengan presentasi beberapa karyanya dan sebuah peragaan laser yang dia gunakan dalam performancenya. Laser tersebut mempunyai sistem interaktif yang tergolong analog dikarenakan komunikasi antar rotor penggerak laser yang berinteraksi dengan sinyal suara yang terhubung. Sistem interaktifnya sebetulnya cukup sederhana, karena Robin menggunakan kekuatan sinyal listrik dari hubungan antara oscillators dari suara ke rotor penggerak mesin lasernya. Secara singkat dapat dikatakan bahwa bentuk visualisasi yang dihasilkan dari laser tergantung dari pola sinyal suara yang digunakan. Robin kemudian melanjutkan sesi tersebut dengan latihan dasar penggunaan Max/MSP bagi para peserta.

Workshop Pd Basic for Multimedia

Sesi kedua merupakan sebuah workshop dari lifepatch yang diwakili oleh Budi Prakosa dan Andreas Siagian mengenai dasar-dasar bahasa pemrograman Pure Data (atau Pd) dalam penggunaannya di bidang audiovisual interaktif. Dasar-dasar penggunaan Pd akan diberikan melalui praktek langsung dan latihan-latihan ringan yang dibimbing oleh beberapa anggota lifepatch. Workshop berfokus pada pengenalan awal dan kegunaan fitur-fitur dari Pd.

Dalam sesi ini, lifepatch menerangkan beberapa dasar Pd dari pembuatan obyek-obyek dan fitur-fitur dalam Pd. lifepatch menggunakan beberapa patch yang telah disiapkan dan dirancang sebelumnya oleh lifepatch untuk mempermudah dan mempercepat peserta dalam memahami pola kerja Pd. Patch tersebut terbagi dari kegunaannya yaitu basic (dasar), audio (suara), GEM (visual) dan OSC (Open Sound Control). Workshop ini berlangsung hingga jam 9 malam, dengan latihan-latihan untuk mengembangkan pemrograman Pd secara per langkah.

Max/MSP/jitter

Max adalah bahasa pemrograman visual untuk musik dan multimedia yang dikembangkan dan dikelola oleh perusahaan perangkat lunak berbasis di San Francisco Cycling '74. Selama sejarahnya 20 tahun, telah banyak digunakan oleh komposer, penyanyi, desainer perangkat lunak, peneliti, dan seniman untuk membuat rekaman yang inovatif, pertunjukan, dan instalasi. Max awalnya ditulis oleh Miller Puckette sebagai editor Patcher untuk Macintosh di IRCAM pada pertengahan 1980-an untuk memberikan komposer sebuah akses ke dalam sistem authoring untuk musik komputer interaktif.

Pure Data (Pd)

Pure Data adalah bahasa pemrograman visual untuk menciptakan musik interaktif dan karya multimedia berbasis komputer. Pd merupakan proyek open source dan memiliki basis pengembang besar bekerja pada ekstensi (modifikasi fitur dan tambahan) baru untuk program ini. Hal ini dirilis di bawah lisensi mirip dengan lisensi BSD. Ia berjalan di GNU/Linux, Mac OS X, iPhoneOS, Android dan Windows. Pd sangat mirip dalam lingkup dan desain untuk program asli Max Puckette's (dikembangkan ketika ia berada di IRCAM), dan untuk beberapa segi beroperasi secara berkesinambungan dengan Max/MSP, penerus komersial bahasa Max.

Referensi dan Link Eksternal

  1. Situs Program Tropis///Subsonics
  2. Situs Cycling74, produsen Max/MSP
  3. Biografi Miller Puckette di situs University of California, San Diego
  4. Situs Pure Data
  5. Tropis///Subsonics Event Page di Facebook
  6. Workshop Pemrograman Event Page di Facebook