Workshop pembuatan medium agar dan inokulasi ragi

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Jump to: navigation, search
Proses pemindahan ragi teknik Inokulasi
Agus Tri Budiarto memberikan materi inokulasi di Geekfest 2012
Kegiatan Workshop

Sebuah workshop bagian dari rangkaian kegiatan IB:SC yang dikembangkan oleh lifepatch. Workshop ini diadakan dalam partisipasi lifepatch di Geekfest 2012 di Bandung.


Kegiatan

Workshop bertujuan untuk mengajarkan para peserta dalam membuat medium yang dapat digunakan sebagai "tempat tinggal" Yeast atau lebih dikenal sebagai ragi. Yeast sendiri merupakan sejenis mikroorganisme yang berfungsi dalam proses fermentasi buah-buahan. Dalam proses fermentasi, Yeast berfungsi untuk mengubah kandungan gula dalam buah-buahan menjadi alkohol (ethanol).

Dalam workshop ini, peserta akan diperkenalkan cara-cara dan alat-alat sederhana yang dapat digunakan dalam membuat medium dengan cara yang steril dan higienis di lingkungan non-laboratorium. Peserta juga akan mendapatkan Yeast yang dapat mereka gunakan untuk membuat fermentasi mereka sendiri.


Detail Workshop

Workshop ini diadakan pada Geekfest di Bandung:

  • Hari/Tanggal: Sabtu / 31 Maret 2012
  • Waktu: 16.00 - 18.00 WIB
  • Tempat: lifepatch booth Geekfest


Pelaksanaan

Langkah-langkah pelaksanaan workshop pembuatan medium agar dan inokulasi ragi dikerjakan sesuai dengan tutorial teknik inokulasi yang dikembangkan oleh lifepatch yang selengkapnya dapat dilihat disini.

Dokumentasi

Dokumentasi visual aktifitas lifepatch di Geekfest 2012 dapat dilihat di Family Album Geekfest 2012. Dokumentasi terpilih aktifitas ini:

Referensi dan Link Eksternal

blog comments powered by Disqus