BCS on tour: Yogyakarta

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Revision as of 04:33, 18 August 2016 by Andreas (talk | contribs)
(diff) ← Older revision | Latest revision (diff) | Newer revision → (diff)
Jump to: navigation, search
BCS on tour - Yogyakarta.jpg

Deskripsi Acara

KUNCI, Lifepatch dan Bakudapan mengundang anda untuk hadir dalam rangkaian kegiatan tim Bamboo Curtain Studio di Yogyakarta. Bamboo Curtain Studio adalah sebuah institusi seni budaya yang berlokasi di Taipei, Taiwan. Bamboo Curtain Studio (BCS) beroperasi sebagai platform yang menghubungkan antara seniman, organisasi seni, di tingkat lokal maupun internasional untuk bekerjasama, bereksperimen, dan memperluas gagasan mengenai dunia. Selama bulan Juli hingga Agustus 2016, tim BCS yang terdiri dari Iris Hung, Bess Lee, Sherry Hong, Mike Ho, Lauwei, Sean Gau dan Yasmine Ostendorf melakukan perjalanan ke Thailand dan Indonesia untuk mengunjungi seniman, organisasi seni, pegiat seni, budaya, dan komunitas. Kunjungan ini bertujuan untuk saling bertukar pengalaman dan gagasan mengenai seni, lingkungan, dan komunitas.

Tim Bamboo Curtain Studio menggunakan konsep uānn-thiap sebagai judul kunjungan mereka ini. Uānn-thiap adalah pertukaran informasi personal dalam ritual tradisional Taiwan atau yang disebut juga kiat-pài. Ritual ini adalah pertukaran kertas berwarna merah (disebut juga thiap (帖)) yang memuat nama, tanggal lahir sesuai kalendar bulan, detail atribut astrologi, dan lokasi kelahiran di antara teman dekat. Teman yang melalui upacara uānn-thiap, dilakukan dengan kehadiran dewa-dewi, akan menjadi saudara walau tidak sedarah namun terikat dalam persahabatan dan takdir.

Rangkaian kegiatan ini terselenggara dengan bantuan tim penasihat yang terdiri dari Andreas Siagian, Andi, Annisa R. Rahmasari, Elia Nurvista, Fiky Daulay, dan Indra Menus.

Bersama dengan KUNCI, Lifepatch, dan Bakudapan, tim Bamboo Curtain Studio akan menyelenggarakan serangkaian acara di Yogyakarta. Acara-acara tersebut adalah;

Lokakarya

Dalam aktivitas ini, Bamboo Curtain Studio melakukan beberapa lokakarya antara lain adalah:

Lokakarya Sound Landscape

Sebuah lokakarya Soundscape bersama Mike Ho, Taiwan. Lokakarya ini merupakan bagian dari BCS on tour: Yogyakarta.

Deskripsi Acara

Dalam lokakarya ini, Mike akan mengajak peserta dan musisi yang diundang untuk menciptakan sebuah karya audio bersama. Penciptaan karya audio bersama ini akan dilakukan melalui jamming, sampling, lalu proses ini akan direkam dan dipresentasikan di Taipei, Taiwan.

Detail Acara

Acara ini berlangsung pada:

  • Hari/Tanggal: Jumat, 12 Agustus 2016
  • Waktu: 14.00 - 18.00 WIB
  • Tempat: Kedai Koppi Bell / Wangi Artroom
  • Alamat: Jl. Kaliurang KM. 13 (200 meter utara pertigaan Besi, masuk ke barat)
  • Pemberi Materi: Mike Ho
  • Fasilitator: Andi Meinl dan Prihatmoko Moki

Acara bersifat gratis dan terbuka untuk umum. Tersedia kendaraan untuk peserta yang akan berangkat dari wilayah selatan Yogyakarta. Bagi peserta yang ingin menggunakan fasilitas ini, silahkan sms ke 085600386314.

Mike Ho

Lahir pada tahun 1984, Taiwan, Taipei. Praktik Ho terpengaruh dari Graffiti, Chinese Calligraphy, dan Rare Groove Music. Ho mencoba untuk menggabungkan semua hal ke dalam praktiknya. Dia melakukan pertunjukan Musik dan Seni di Taiwan sejak dia masih berusia 16 tahun, pada saat ini dia juga bermain di lingkup internasional mulai dari Jepang, Indonesia, dan Hong Kong.

Pada tahun 2013, ia kembali ke Taiwan dari Seattle dan membuka sebuah ruang bernama "REUSED_Lab". Ruang ini adalah sebuah rumah terbengkalai, dia memperbaiki rumah dengan seniman lainnya dan mengubahnya menjadi ruang Art untuk Studio, Toko, Hostel, Exbitation dan Pertunjukan Space. Sekarang lab digunakan kembali menjual barang Artist, vinyl record, dan memiliki Pameran, Workshop atau Pertunjukan dari waktu ke waktu. Space tidak hanya Kolektif Artist, tetapi juga mencoba untuk mempromosikan DIY dan GALI Budaya di Taiwan. Reused Lab juga membuka jaringan internasional dari seluruh dunia. Pertunjukan, Pameran dan residensi.

Referensi dan Pranala Luar

Dokumentasi

Lokakarya Sound Landscape Mike Ho 01 .png Lokakarya Sound Landscape Mike Ho 02.png

Lokakarya Sound Landscape Mike Ho 03.png Lokakarya Sound Landscape Mike Ho 05.png

Lokakarya Sound Landscape Mike Ho 06.png Lokakarya Sound Landscape Mike Ho 07.png

Lokakarya Sound Landscape Mike Ho 08.png Lokakarya Sound Landscape Mike Ho 09.png

3D Print Your Life

Poster publikasi Lokakarya #D Print Your Life bersama Sean Gau

Sebuah lokakarya 3D Printing bersama Sean Gau. Lokakarya ini diselenggarakan melalu kerjasama antara Bamboo Curtain Studio, KUNCI, Bakudapan dan Lifepatch. Lokakarya ini merupakan bagian dari BCS on tour: Yogyakarta.

Deskripsi Acara

Cetak 3D atau tiga dimensi, sudah ada sejak 30 tahun yang lalu. Namun mengapa teknik ini belum banyak digunakan di masyarakat? Apakah teknik ini terlalu sulit? Lokakarya ini bertujuan untuk memperkenalkan teknik cetak tiga dimensi dan bereksperimen dengan medium ini. Melalui lokakarya ini, Sean Gau ingin mengajak para peserta untuk belajar penggunaan piranti lunak dan piranti keras 3D printer serta kegunaannya dalam fabrikasi dan praktik kreatif. Para peserta akan belajar dalam membuat desain 3 dimensi menggunakan piranti lunak gratis dan sumber terbuka.

Detail Acara

Acara ini berlangsung pada:

  • Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Agustus 2016
  • Waktu: 14:00 - 17:30 WIB
  • Tempat: Lifepatch
  • Alamat: Jl. Bugisan Selatan, Gumuk Indah RT 13 RW 36
  • Pemberi Materi: Sean Gau
  • Fasilitator: Adhari Donora dan Andreas Siagian

Acara ini bersifat gratis dan terbuka untuk umum. Acara akan berlangsung dalam bahasa Inggris dan Indonesia melalui penerjemah dari fasilitator. Para peserta dianjurkan membawa laptop sendiri atau dapat meminjam laptop dari penyelenggara.

Sean Gau

Gau mengambil jurusan Teknik Elektro National Central University di Taiwan. Dia mengambil cuti di tahun kedua, dan mulai mengembangkan aplikasi komputer dan ponsel di rumah berdasarkan pada pengalamannya dalam pemrograman komputer selama beberapa tahun. Dia belajar Arduino dan mulai bekerja dalam bidang mikrokontroler, dan kemudian menciptakan Obyek Menari Cahaya "Mpoi" serta merancang program kontrol PoiMCreator ver1.0 untuk memungkinkan akses yang lebih mudah menggunakan program Mpoi. Saat ini dia bekerja dengan kelompok performans api terbesar bernama True Spin Fire Group dalam mengembangkan alat peraga baru. Gau berpartisipasi dalam Lokakarya Teater BCS 2015 dan dibantu The Finger Players, sebuaj kelompok teater dari Singapura, dalam pembuatan wayang, latihan, desain pencahayaan, dan kinerja di atas panggung.

Referensi dan Pranala Luar

Dokumentasi Foto

3D Print Your Life Sean Gau 01.png 3D Print Your Life Sean Gau 02.png

3D Print Your Life Sean Gau 03.png 3D Print Your Life Sean Gau 04.png

3D Print Your Life Sean Gau 05.png

Key Scenezzzzzzine

Sebuah Lokakarya Zine bersama Sherry Hong, Annisa R. Rahmasari, dan Fiky Daul. Lokakarya ini merupakan bagian dari BCS on tour: Yogyakarta.

Deskripsi Acara

Dalam lokakarya ini, Sherry akan mengajak peserta untuk menggunakan kertas dan zine sebagai cara untuk saling berbagi cerita. Apakah akan ada hubungan antara cerita-cerita yang muncul?

Detail Acara

Acara ini berlangsung pada:

  • Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Agustus 2016
  • Waktu: 19:00 - 22:00 WIB
  • Tempat: Lifepatch
  • Alamat: Jl. Bugisan Selatan, Gumuk Indah RT 13 RW 36
  • Pemberi mater: Sherry Hong (Bignin)
  • Fasilitator: Annisa R. Rahmasari dan Fiky Daul

Acara in bersifat gratis dan terbuka untuk umum. Silahkan datang pada hari dan waktu yang telah ditetapkan diatas.

Sherry Hong

Bignin adalah salah satu anggota tim dalam proyek ini, terutama berfokus pada "KEY SCENE". Dia adalah Manajer Residensi di BCS, berurusan dengan Program Residensi Internasional, sebagai koordinator dan penerjemah antara seniman, orang-orang yang berlatih di BCS, termasuk masyarakat lokal dan Trainee di setiap musim, dan melakukan proyek bersama-sama. Pada 2015, dengan kombinasi proyek tahunan, direncanakan dan diedit dengan mitra sebagai "Green Art Action Exhibition" dan publikasi "Row Your Boat." Dan bergabung dengan koran bulanan masyarakat di BCS.

Lulus dari jurusan Seni Murni dan mengambil jurusan Desain Grafis, dan pergi belajar Manajemen Seni sesudahnya. Karena ketertarikannya dengan fleksibilitas non-Fikih dari "publikasi Independen" di Taiwan, ia menulis topik ini sebagai tesis master sampai akhir musim panas 2014. Dia menjadi salah satu anggota sebagai "Yuan-He Life". Pengecualian pribadi pribadinya adalah untuk mengetahui pendekatan komunikasi dan kolaborasi antara individu dan masyarakat di bidang pendidikan, seni dan penciptaan, dan pengetahuan lokal.

Referensi dan Pranala Luar

Dokumentasi Foto

Key Scenezzzzzzine oleh Sherry Hong dan Annisa R. Rahmasari 00.png Key Scenezzzzzzine oleh Sherry Hong dan Annisa R. Rahmasari 01.png

Key Scenezzzzzzine oleh Sherry Hong dan Annisa R. Rahmasari 02.png Key Scenezzzzzzine oleh Sherry Hong dan Annisa R. Rahmasari 03.png

Key Scenezzzzzzine oleh Sherry Hong dan Annisa R. Rahmasari 04.png Key Scenezzzzzzine oleh Sherry Hong dan Annisa R. Rahmasari 05.png

Key Scenezzzzzzine oleh Sherry Hong dan Annisa R. Rahmasari 06.png Key Scenezzzzzzine oleh Sherry Hong dan Annisa R. Rahmasari 07.png

Key Scenezzzzzzine oleh Sherry Hong dan Annisa R. Rahmasari 08.png Key Scenezzzzzzine oleh Sherry Hong dan Annisa R. Rahmasari 09.png

Gathering

Taiwan Night

Acara penutupan dari Taiwan Night

Detail Acara

  • Hari/Tanggal: Minggu, 14 Agustus 2016
  • Waktu: 17:00 WIB hingga selesai
  • Tempat: Ace House Collective
  • Alamat: Jl. Mangkuyudan No.41, Mantrijeron, Kota Yogyakarta

Acara bersifat gratis dan terbuka untuk umum.

Dokumentasi Acara

Berikut dokumentasi acara Taiwan Night:

Presentasi

Selain acara tersebut diatas, ada juga kunjungan dan presentasi - presentasi lainnya yang diselenggarakan di beberapa tempat.

Presentasi Zine dan Jogja Noise Bombing

Adapun presentasi yang diselenggarakan di Lifepatch adalah presentasi dari Annisa R. Rahmasari dan Indra Menus. Annisa dan Indra memberikan presentasi mengenai aktivitas zine di Indonesia, selain itu, Indra juga menambahkan presentasi mengenai Jogja Noise Bombing.

Detail Acara

Adapun detail acara tersebut:

  • Hari/Tanggal: Jumat, 5 Agustus 2016
  • Waktu: 10:30 WIB hingga selesai
  • Tempat: Lifepatch

Acara bersifat terbuka untuk umum dan gratis.

Dokumentasi Foto

Berikut dokumentasi foto dari presentasi di rumah Lifepatch:

Kunjungan

Dalam aktivitas ini, Bamboo Curtain Studio juga melakukan beberapa kunjungan ke beberapa studio seniman dan komunitas di Yogyakarta.


Referensi dan Pranala Luar