Klöntal Biohack Retreat 2017

From Lifepatch - citizen initiative in art, science and technology
Revision as of 21:00, 3 October 2017 by Wawies (talk | contribs)
(diff) ← Older revision | Latest revision (diff) | Newer revision → (diff)
Jump to: navigation, search
Biohack Retreat Flyer web.jpg
Klöntal Biohack Retreat - Ferienheim Niederurnen

Deskripsi Acara

Klöntal Biohack Retreat adalah event gathering dari hasil kerja sama antara Maya Minder dan Hackteria.org. Disamping itu, kegiatan yang menjadi bagian dari acara Klöntal Triennale 2017, sebuah acara tiga tahunan di Klöntal, kanton Glarus, Switzerland. Dalam event ini, orang-orang dengan beragam latar belakang, seperti natural scientiest, (bio) hackers, ilmuwan, musisi, hingga teknisi diundang dari berbagai Biohacker scene maupun beragam komunitas untuk saling bertemu, berbagi pengalaman, hingga berkolaborasi untuk mengembangkan berbagai gagasan. Biohacking adalah gerakan open-science yang mencoba membuat sains lebih mudah diakses oleh siapapun dan menjadikan biologi dan ilmu-ilmu tentang alam maupun lingkungan menjadi subject yang menyenangkan untuk dipelajari oleh siapapun. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah melalui public workshop untuk mempermudah mempelajari berbagai subject dan untuk menambah wawasan. Dalam pertemuan ini, kegiatan dilakukan dalam laboratorium sementara yang didukung berbagai perangkat yang dibuat melalui metode Do-It-Yourself untuk mendukung kegiatan experiment terhadap organisme hidup dan bahan makanan sebagai teknologi alternatif dibidang biologi dan teknologi pangan. Sebuah kegiatan yang berpotensi untuk dilakukan secara mudah dan menawarkan akses lebih besar pada topik-topik penelitian yang lebih kompleks sebagai pembanding bagi berbagai penelitian yang dilakukan dan bermotivasi komersial. Klöntal Biohack Retreat dilakukan di Ferienheim Niederurnen, sebuah rumah retreat yang bisa menampung hingga 54 orang. Lokasi ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung kegiatan serta memiliki halaman luas dengan berbagai tanaman rempah yang tumbuh liar untuk menampung kegiatan di luar ruangan. Ferienheim Niederurnen terletak di lembah Klöntal yang terpusat di Klöntalersee, sebuah danau alami di wilayah kanton Glarus, Switzerland.

Partisipasi Lifepatch dalam Klöntal Biohack Retreat 2017

Pada Klöntal Biohack Retreat 2017, Lifepatch diwakili oleh Wawies Wisnu Wisdantio untuk memperkenalkan Lifepatch dan berbagai aktivitasnya kepada para peserta retreat maupun berbagai tamu undangan yang datang untuk menyaksikan rangkaian kegiatan sebagai bagian dari Klöntal Triennale 2017 di Klöntal, kanton Glarus, Switzerland.

Detail Kegiatan

Klöntal Biohack Retreat

Klöntal Biohack Retreat - Ferienheim Niederurnen

Klöntal Biohack Retreat di Ferienheim Niederurnen dati tanggal 20 - 24 September 2017 terangkum menjadi serangkaian aktivitas yang berkaitan cukup erat dengan biologi, ilmu-ilmu tentang alam maupun lingkungan, hingga aktifitas peserta dalam merespon alam dan lingkungan dalam kegiatan dan aktivitas mereka masing-masing. Kegiatan-kegiatan di dalam acara Klöntal Biohack Retreat terbagi menjadi beberapa kegiatan. Eksplorasi dan pengenalan keanekaragaman hayati menjadi salah satu subject utama yang banyak dilakukan di acara ini, antara lain pengenalan jenis-jenis biota, pengenalan jenis tanaman liar layak konsumsi maupun penanganan khusus untuk mengkonsumsi tanaman-tanaman yang mengandung racun, hingga cara-cara penyajian berbagai tanaman tersebut di meja makan. Workshop-workshop dilakukan hampir setiap kali sebelum kegiatan makan dilaksanakan, yaitu pengelolaan dan penyajian bahan makanan dari hampir semua hal yang bisa ditemukan baik serangga maupun tanaman melalui proses-proses fermentasi maupun penanganan lainnya sebagai bagian dari teknologi pangan. Selain itu juga beragam aktivitas lain yang dilakukan untuk merespon alam dan lingkungan sekitar dalam beragam bentuk, seperti soundscape dan reproduksi berbagai hal dari lingkungan sekitar untuk membentuk instalasi suara. Dan masih banyak kegiatan lainnya.

Detail jadwal kegiatan dalam acara Klöntal Biohack Retreat 2017 dapat diakses lebih lengkap pada Hacteria.org page tentang Klöntal Biohack Retreat Switzerland - 2017

Post Klöntal Biohack Retreat

Electronnes space di Youth Cultural Center Dynamo, zurich

Acara Post Klöntal Biohack Retreat diselenggarakan di seputar wilayah Zurich pada tanggal 25 - 27 September 2017. Rangkaian kegiatan terbagi menjadi 2 kegiatan utama, yaitu aktivitas post retreat yang lebih terfokus pada pengendapan berbagai ide-ide dan pengembangan gagasan yang didapatkan pada acara retreat, serta post-retreat presentation yang menjadi show case dari hasil-hasil berbagai kegiatan maupun eksperiment di Klöntal untuk dapat diketahui oleh masyarakat yang lebih luas. aktivitas pengendapan dan pengembangan gagasan banyak dilakukan di Youth Cultural Center Dynamo yang terdapat di pusat kota Zurich. Tepatnya berada di temporary lab yang sedang digunakan dan menjadi bagian dari Electronnes festival, yaitu festival yang mengetengahkan praktik-praktik perempuan dalam bidang seni dan teknologi. Sedangkan kegiatan Post-Retreat Presentation dilakukan di Dock18, Red Factory, Zurich pada tanggal 26 September 2017. Dock18 adalah salah satu dari rekan lama dari Hacteria.org sekaligus menjadi tempat pertama kali dilaksanakannya HacteriaLab, yaitu ajang pertemuan orang-orang dari berbagai latar belakang keilmuan dan aktivitas. Dalam kegiatan ini, setiap peserta berusaha mempresentasikan berbagai kegiatan yang dilakukannya di dalam serial kegiatan Klöntal Biohack Retreat sekaligus berusaha membawa suasana kerja di Klöntal ke ruang baru di Dock18 yang terletak di kota Zurich.

Referensi dan Pranala Luar